Supaya Aman, Naskah Ujian Nasional Disimpan di Ruang Kapolsek

830
Pesona Indonesia
Soal Ujian Nasional
Soal Ujian Nasional. Foto: istimewa/merdeka.com

batampos.co.id – Kapolsek Siantan AKP Anjar Yogota Widodo membenarkan soal Ujian Nasional (UN) untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) sudah dititipkan kepada pihak polsek Siantan. Dirinya mengaku soal-soal yang sudah dikemas rapi sebanyak 13 kotak itu disimpan di ruangannya dan dipastikan dalam keadaan aman.

“Untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan seluruh lembaran kerja dan soal UN ini, kita simpan di ruangan kerja saya. Kuncinya saya yang pegang langsung. Sementara itu penjagaan juga dilakukan 24 jam,” kata Anjar kapada awak media, Rabu (23/3/2016).

Menurutnya, penjagaan dokumen negara itu bukan hanya dilakukan sekarang ini saja tapi, saat pendistribusian k esekolah hingga pelaksanaan UN. “Kita akan jaga hingga UN dilaksanakan, kita juga tetap turunkan personel,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pengamanan yang intens terhadap seluruh dokumen negara ini juga sudah dilakukan sebelumnya yakni sejak pendistribusian dari Provinsi Kepri ke Anambas dengan menggunakan kapal printis.

Selain dikawal oleh panitia penyelenggara UN Provinsi, juga ada dua orang personel dari Polda Kepri. Setibanya di pelabuhan Tarempa, seluruh lembaran UN langsung dibawa ke Mapolsek Siantan dan disimpan di ruang kerjanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Anambas, Heriyanto, mengatakan untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan lembaran soal, pihaknya memang menitipkan ke Mapolsek Siantan untuk sementara waktu hingga pendistribusian sebelum UN digelar.

“Jumlahnya ada 13 koli/kotak yang sudah masuk. Untuk keperluan SMA/SMK/MA sebanyak 8 koli, Paket 4 koli, dan susulan sebanyak 1 koli. Kondisinya masih tersegel, sejak dikirimkan dari Tanjungpinang,” bebernya.

Sedangkan total siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN) tahun ini mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA sederajat 2.301 pelajar. Jumlah ini belum termasuk peserta UN Kesetaraan mulai dari Paket A, B, dan C yang berjumlah sebanyak 322 peserta.

“Untuk peserta atau pelajar tingkat SMA/MA/SMK sebanyak 592 orang, pelajar SMP/MTs sebanyak 812 orang, dan pelajar SD sebanyak 897 orang. Sementara untuk peserta UN Kesetaraan atau Pekat A sebanyak 33 peserta, Paket B sebanyak 83 peserta dan Paket C sebanyak 206 peserta,” sebut Herianto.

Pelaksanaan UN tingkat SMA sederajat rencananya 4 hingga 7 April 2016. UN digelar di8 sekolah se Anambas. Diantaranya, SMA I Siantan sebanyak 162 siswa, SMA I Jemaja sebanyak 87 siswa, SMA I Palmatak sebanyak 121 siswa, SMA 2 Palmatak sebanyak 14 siswa, SMA I Siantan Timur sebanyak 41 siswa, SMK I Anambas sebanyak 131 siswa, MA Fatahillah Tarempa sebanyak 18 siswa dan MA USB Jemaja sebanyak 18 siswa. (sya/bp)

Respon Anda?

komentar