Akan Ditertibkan, Pemilik Kios Liar di Sekupang Pasrah

755
Pesona Indonesia
Deretan kios liar yang berada di Simpang Kara, Batam Kota.  Foto: Reza Herdiyanto/ Untuk Batam Pos
Deretan kios liar yang berada di Simpang Kara, Batam Kota.
Foto: Reza Herdiyanto/ Untuk Batam Pos

batampos.co.id – Pemko Batam sudah memberikan deadline (batas waktu) hingga 30 Maret mendatang agar pemilik kios liar membongkar sendiri bangunannya. Namun, banyak pedagang dan pemilik kios liar yang tidak mengetahui peringatan itu. Misalnya Noni, pemilik kios liar di jalan depan Pelabuhan Sekupang.

Menurutnya tidak ada pemberitahuan akan dilakukan penggusuran, begitu juga pemilik kios lainnya. Kendati demikian, Noni pasrah jika kios milik mereka ditertibkan nantinya. ”Ya, namanya juga numpang. Apapun yang menjadi kebijakan pemerintah kami ikut saja,” ujar Noni.

Noni yang sehari-hari berjualan makanan ringan ini, juga menjadikan kiosnya sebagai tempat tinggal bagi keluarga kecilnya. ”Kami masih bingung mau pindah kemana,” kata ibu dua anak ini.

Sementara itu, Dani penghuni kios lainnya berharap pemerintah adil jika melakukan penertiban. ”Gusur dulu yang di sebelah sana, baru yang di sini,” ujarnya menunjuk lokasi yang dimaksud.

Terpisah, Camat Sekupang, Zurniati mengatakan pihaknya akan melakukan penertiban kios liar dan pedagang kaki lima yang berada di wilayah Sekupang secara bertahap. Tahap pertama, terlebih dulu menertibkan PK5 yang ada di Kelurahan Tiban Baru. Kegiatan ini akan dilakukan secara berkelanjutan sesuai dengan arahan pimpinan.

”Senin kita akan lanjutkan lagi penertiban di kelurahan lainnya.” kata dia.

Menurut Zurniati, saat ini belum ada data pasti berapa jumlah kios liar yang ada di Sekupang. Namun begitu beberapa lokasi di antaranya berada di dekat Pelabuhan Beton hingga Pelabuhan Internasional Sekupang. Sedangkan pantauan koran Batam Pos (grup batampos.co.id) terdapat lebih dari 50 kios liar yang berada di sepanjang jalan pelabuhan di Sekupang. (cr17)

Baca juga:

Maret Peringatan Terakhir Pemilik Kios Liar di Batam

Bikin Semrawut, Tahun Ini Seluruh Kios Liar di Batam Akan Ditertibkan

Respon Anda?

komentar