Baru Wacana Mengganti Bendera, Negara Sudah Habis Rp 233 Miliar

582
Pesona Indonesia
Bendera Selandia Baru
Bendera Selandia Baru

batampos.co.id – Selandia Baru dikabarkan akan mengganti bendera negaranya yang selama ini menggunakan logo Union Jack yang menandakan persemakmuran Inggris, akan diubah menjadi Silver Fern yang didesain oleh Kyle Lockwood.

Wacana perubahan bendera tersebut didasari karena terdapatnya logo Union Jack di bendera Selandia Baru selama ini yang mencerminkan pendudukan Inggris pada era kolonial.

Isu pergantian bendera tersebut telah menjadi perdebatan panjang selama 18 bulan. Dua referendum yang diadakan sudah menghabiskan USD 17,6 juta (setara Rp 233,6 miliar).

Namun berdasarkan hasil voting warga Selandia Baru lebih memilih bendera lawas bila dibandingkan dengan bendera baru. Dalam voting tersebut menunjukkan bahwa 56,6 persen memilih untuk tidak mengubah bendera dengan logo Union Jack tersebut. Hanya 43,1 persen yang ingin berganti dengan bendera berlogo Silver Fern.
’’Penduduk Selandia Baru telah memutuskan untuk mempertahankan bendera yang ada saat ini. Saya mendorong seluruh penduduk menggunakan, menerimanya, dan yang lebih penting bangga dengan bendera itu,’ tulis Perdana Menteri Selandia Baru John Key di akun Twitternya pasca pengambilan suara ditutup dan hasil sementara referendum diumumkan Kamis (24/3).
(frd/sam)

Respon Anda?

komentar