Kuras Uang di Rekening Orang, Dua Pelaku Ditangkap Polisi

871
Pesona Indonesia
Ilustrasi ATM
Ilustrasi ATM

batampos.co.id – Jajaran Satreskrim Polres Tanjungpinang membekuk RF (28) dan MI alias Ro (45), dua pelaku sindikat penguras rekening, yang melakukan aksinya di dua lokasi berbeda di Tanjungpinang.

Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang, AKP Andri Kurniawan mengatakan penangkapan dan pengungkapan dilakukan setelah menerima laporan dari korban Nurjani (41), yang kehilangan dompet yang berisi surat penting serta ATM yang disimpannya di jok motor.

”Dari laporan korban tersebut kami lakukan penyelidikan dan berhasil menangkap kedua tersangka tersebut di daerah Baloi, Kota Batam, Rabu (23/3/2016) pagi, ”ujar Andri, Kamis (24/3/2016).

Dikatakan Andri, dalam menjalankan aksinya. Mereka mencongkel jok motor korban. Pelaku juga menguras isi rekening korban dari ATM-nya. Kedua pelaku menguras dengan cara mencoba PIN ATM dengan tanggal lahir korban.

”Karena perbuatan mereka ini korban mengalami kerugian Rp 30 juta. Uang korban tersebut di kuras mereka di ATM Centre di kawasan Bintan Centre, Batu 9,” kata Andri.

Dari tangan pelaku, lanjut Andri, pihaknya berhasil mengamankan barang bukti Handpone empat unit, buku tabungan korban, serta kartu ATM yang dijadikan sarana untuk mentransfer uang dari rekening korban.

”Selain itu, didapatkan uang Rp 350 ribu yang merupakan sisa dari hasil kejahatan mereka,”ucap Andri.

Dijelaskan Andri, berdasarkan hasil pemeriksaan sementara kepada kedua pelaku. Uang hasil kejahatannya dihabiskan dengan berfoya – foya di salah satu tempat hiburan malam yang ada di Tanjungpinang.

”Uangnya di pakai karaoke dan bawa wanita penghibur di tempat karaoke Rasa Yakin,”jelas Andri.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, terang Andri, kedua pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan.

”Mereka terancam hukuman penjara selama tujuh tahun. Saat ini mereka masih menjalani pemeriksaan intensif untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya,” pungkas Andri. (ias/bp)

Respon Anda?

komentar