Lebihi Target, Pelaksanaan PIN di Natuna Sukses

511
Pesona Indonesia
Ketua TP PKK Kepri Aisyah Sani, memberikan vaksin polio kepada seorang balita di Jalan Ganet KM 12, Selasa (8/3).  foto:humas pemprov
Pelaksanaan Pekan Imunisasi tingkat Provinsi Kepri. Tampak Ketua TP PKK Kepri Aisyah Sani, memberikan vaksin polio kepada seorang balita, Selasa (8/3) lalu. foto:humas pemprov

batampos.co.id – Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna menyatakan, pekan imunisasi polio sudah menyasar lebih dari 100 persen, sejak 8 Maret hingga 15 Maret lalu.

Dinas Kesehatan Natuna mencatat target sasaran balita berjumlah 7.475 berdasarkan pendataan. Namun setelah sepekan melakukan imunisasi, jumlah balita yang divaksin mencapai 7.510

Kabid Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Natuna, Hikmat Aliansyah menyebutkan, kenaikan tersebut terjadi di wilayah Kecamatan Bunguran Selatan. Data yang ditargetkan hanya proyeksi, tetapi pada hari pelaksanaan pemberian vaksin, banyak sekali balita yang mendaftar.

“Sweeping sangat membantu, baik rumah penduduk, pelabuhan dan bandara,” kata Hikmat, Kamis (24/3).

Dikatakannya, capaian target pemberian vaksin polio pada balita di Natuna sangat tinggi bila dibandingkan dengan kabupaten lain seperti Lingga dan Kota Batam.

“Di Kepri, Natuna termasuk tinggi capaian targetnya, ini berkat tingginya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya mendapatkan vaksin polio pada pelaksanaan PIN kemarin,” ungkapnya.

Selama pelaksanaan pekan imunisasi, lanjut Hikmat, pihaknya sedikit menemukan kendala seperti adanya penolakan dari pihak orang tua balita saat akan memberikan vaksin kepada balita.

” Ada satu temuan, pas saat dilakukan sweeping oleh petugas, ada salah satu orang tua menolak anaknya diberikan vaksin. Katanya vaksin polio itu haram. Namun kita sudah kasih penjelasan dan dalam fatwa MUI vaksin itu halal. Tetapi pihak orang tua masih saja menolak,” paparnya.

Pada pekan imunisasi tersebut, kata Hikmat, pihaknya membuka 118 pos PIN yang tersebar di seluruh Natuna termasuk di pintu masuk pelabuhan.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar