Pemerintah Karimun Siapkan Rp500 Juta untuk Pilkades Serentak

546
Pesona Indonesia

pilkadesbatampos.co.id – Setelah sempat tertunda pada tahun lalu, akhirnya pemerintah mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) Karimun Nomor 33 tentang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang akan dilaksanakan pada Mei mendatang. Untuk pelaksanaan tersebut pemerintah telah menyiapkan anggaran lebih dari Rp500 juta.

”Saat ini terdapat 29 desa di Kabupaten Karimun yang tidak memiliki kepala desa (Kades) definitif, melainkan dijabat oleh aparatur sipil negara (ASN) yang ditunjuk oleh Bupati Karimun sebagai pelaksana tugas. Sesuai dengan yang sudah kita jadwalkan, maka pelaksanan Pilkades pada 3 Mei mendatang. Untuk anggaran, bukan berasal dari desa, melainkan dari pemerintah daerah,” ujar Kepala Bagian Pemerintah Kabupaten Karimun, Dwiyandri Kurniawan, Kamis (24/3).

Berdasarkan Perbup tersebut, lanjut Dwiyandri, sudah ditetapkan bahwa masing-masing desa yang akan melaksanakan Pilkades mendapatkan alokasi dana sebesar Rp18 juta atau dengan jumlah total Rp522 juta untuk 29 desa. Dengan adanya alokasi dana dari pemerintah ini, maka dana dari desa tidak perlu lagi dikeluarkan. Saat ini panitia yang sudah ditunjuk untuk melaksanakan Pilkades sedang mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan untuk pelaksanaan Pilkades.

Keterlambatan Pilakades sehingga menyebabkan banyaknya desa yang tidak memiliki Kades definitif, Dwiyandri menyebutkan, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan. Seperti Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang mengharuskan dilakukan Pilkades serentak. ”Kemudian, pada saat akan dilaksanakan pada tahun lalu, terbentur dengan pelaksanaan Pilkada di daerah kita,” jelasnya.

Terlambatnya dilaksanakan Pilakdes serentak telah menyebabkan adanya Plt Kades di satu desa menjabat lebih dari setahun. Ada juga desa yang masa jabatan Kades masih belum berakhir. Namun disebabkan Kades meninggal dunia tidak bisa dilakukan Pilkades langsung. Karena, harus menunggu Pilkades serentak sesuai undang-undang yang berlaku. (san/bpos)

Respon Anda?

komentar