Sampah, Pasir, Tanah di Gorong-Gorong Bikin Saluran Air Mampet dan Banjir

868
Pesona Indonesia
Tumpukan sampah di drainase Jalan Letjen Soeprapto, Kibing. Foto: Ahmad Yani/ Batam Pos
Tumpukan sampah di drainase Jalan Letjen Soeprapto, Kibing. Foto: Ahmad Yani/ Batam Pos

batampos.co.id – Drainase di Jalan Letjen Soeprapto, Kibing dipenuhi sampah. Tepatnya di samping Sekolah Integral Hidayatullah, Kamis (24/3). Sampah ini tersangkut pipa yang melintang di drainase.

Sarno pihak Sekolah Integral Hidayatullah menuturkan, tumpukan sampah tersebut merupakan kiriman dari tempat lain. ”Masyarakat masih sembarangan membuang sampah,” ujar Sarno, Kamis (24/3).

Parahnya, ketika musim hujan, sampah semakin banyak menumpuk di sana. Sehingga mengakibatkan banjir. ”Air sampai meluap ke jalan,” ungkapnya.

Selain karena pipa yang melintang kata Sarno, kondisi gorong-gorong juga sudah dangkal, sehingga sampah mudah sekali menumpuk. ”Di gorong-gorong banyak pasir dan tanah,” kata Sarno.

Untuk menimalisir tumpukan sampah di sana,. tak jarang pihak Sekolah Integral Hidayatullah bergotong royong membersihkan sampah.
”Kita sering lakukan pembersihan, mengambil dan membuang sampah. Tetap saja masih belum bisa diatasi,” bebernya

Menurutnya, agar saluran air bisa lancar, pihak terkait bisa kembali menggali drainase agar air mengalir di bawah pipa. Juga harus ada pembersihan secara berkelanjutan.

”Karena sampah itu menghambat,” imbuhnya.

Ali Muna warga Perumahan Genta Pos, Batu Aji mengatakan, sampah itu sering dibersihkan. Beberapa hari kemudian, sampah kembali menumpuk. ”Begitulah kondisinya,” kata Ali.

Untuk mencegah hal itu, masyarakat perlu bekerja sama untuk tidak membuang sampah sembarangan. ”Itu sangat penting, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” ungkapnya.

Kepala Bidang Pertamanan DKP Batam, Irwan Saputra, saat dikonfirmasi melalui ponsel mengaku belum mengetahui hal ini. Namun pihaknya berjanji akan meninjau lokasi tersebut dan segera mengatasinya. ”Nanti kita akan kirim petugas ke lokasi untuk melakukan pembersihan,” sebut Irwan. (cr14)

Respon Anda?

komentar