Taekwondo Dojang Kharisma Siap Membentuk Mental dan Kedisiplinan Anak

1670
Pesona Indonesia
Anak-anak Taekwondo Dojang Kharisma bersama Sabeum Soewito Trikusuman dan para seniornya. Foto: Iman Wachyudi/ batampos.co.id
Anak-anak Taekwondo Dojang Kharisma bersama Sabeum Soewito Trikusuman dan para seniornya. Foto: Iman Wachyudi/ batampos.co.id

batampos.co.id – Saat ini taekwondo sangat digemari oleh masyarakat di berbagai usia, dari anak-anak hingga orang dewasa. Berbagai motivasi belajar taekwondo pun juga beragam. Dari yang hanya sekedar untuk menjaga fisik agar tetap prima, untuk bekal bela diri, hingga menjadi atlet taekwondo.

Taekwondo Dojang Kharisma yang terletak di Club House Anggrek Mas 3 kini mencari anak-anak usia 4 sampai 7 tahun untuk dibentuk menjadi anak yang kuat, berani, disiplin dan percaya diri.

“Jika dilihat sekilas taekwondo itu seperti beladiri yang terlihat keras dan berbahaya tetapi dibalik itu semua taekwondo mengajarkan latihan fisik, pengendalian diri, fokus, respek, percaya diri, kejujuran dan keberanian, pantang menyerah,” kata Sabeum Soewito Trikusuman.

Lebih lanjut Soewito mengatakan, sehingga pembentukan perlu diberikan sejak masa kanak-kanak. Pembentukan baik karakter maupun fisik harus disesuaikan dengan perkembangan dan pertumbuhan anak usia dini.

“Sebab taekwondo menjauhkan anak dari sikap brutal dan berbuat tidak baik. Untuk itu taekwondo merupakan olahraga beladiri yang baik untuk dijadikan alternatif pilihan dalam pembentukan karakter anak usia dini,” kata pemegang sabuk hitam DAN III Internasional itu.

Karena itu kata Soewito, bagi para orang tua, membekali putra-putrinya yang berusia dini dengan mengikutsertakan mereka dalam kegiatan olah raga taekwondo, tentu sangat banyak manfaatnya.

“Dalam pelaksanaannya latihan taekwondo tetap berpegang teguh pada prinsip dasar dan teknik gerakan, juga memperhatikan sejauh mana program latihan agar tetap memberikan manfaat pada pertumbuhan dan perkembangan anak,” kata Sabeum yang juga melatih anak-anak autis dan hiperaktif.

Manfaat taekwondo lainnya bagi anak-anak adalah meningkatkan daya tahan dan perkembangan fisik anak secara sehat. Sebab dalam latihan, anak-anak diajarkan untuk membiasakan diri bergerak secara dinamis. Yakni bermain sambil berlari, menendang, menghafal jurus dan sebagainya.

“Banyak anak-anak yang tadinya datang tidak bisa fokus, tak percaya diri dan kurang disiplin setelah dilatih di sini menjadi anak yang membanggakan dan berprestasi,” ujarnya lagi.

Jadi adalah tepat bagi orang tua yang telah memasukkan anaknya untuk ditempa mental dan kepribadiannya ke dalam klub-klub taekwondo.

Bagi para orang tua yang hendak mengikutsertakan putra-putrinya untuk membentuk dan meningkatkan karakter dan kepribadian tumbuh kembang anak bisa mendatangi Dojang Kharisma yang terletak di Club House Anggrek Mas 3, setiap Jumat, mulai pukul 17.00 WIB sampai 18.00 WIB. Sebab di hari tersebut anak-anak berlatih taekwondo di sana. (iwa)

Respon Anda?

komentar