USS Conestoga Terendam di Dasar Laut selama 95 Tahun, Ditemukan

837
Pesona Indonesia
USS Conestoga didasar laut.
USS Conestoga didasar laut.

batampos.co.id – Kapal tunda USS Conestoga, hilang pada 25 Mac 1921 setelah meninggalkan San Francisco menuju Pearl Harbor di Hawaii, kapal milik Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat (AS) ini hilang 95 tahun lalu bersama 56 awak kapal.

Ia ditemukan di dasar laut  di luar San Francisco.

Penemuan ini  sekaligus mengakhiri misteri terbesar dalam sejarah angkatan laut AS, kata pejabat AL AS hari ini.

Kapal tunda USS Conestoga, adalah kapal AL Amerika Serikat terakhir yang hilang dalam kondisi aman, kata ALdan Badan Oceanologi Nasional dalam sebuah pernyataan bersama.

‘’Setelah hampir satu abad diselimuti kabut, kehilangan Conestoga tidak lagi misteri,” kata pejabat NOAA, Manson Brown.

Bangkai kapal itu awalnya terdeteksi pada 2009 di kedalaman 58 meter oleh tim riset NOAA yang beroperasi di dekat Kepulauan Farallon, sekitar 48 kilometer arah barat San Francisco.

Conestoga yang berada 4 kilometer di tenggara Pulau Farallon di Taman Oceanologi Greater Farallones, dipastikan secara positif pada Oktober 2015. Para ahli meyakini  kapal itu tenggelam ketika awak kapal berusaha untuk sampai ke teluk yang terlindung ketika terjadi angin topan.

Usaha mencari kapal yang hilang itu mendapat perhatian luas media Amerika selama beberapa bulan.

Tidak ada mayat ditemukan tetapi bangkai kapal itu dilindungi undang-undang yang melarang siapa pun mengganggu setiap kapal dan pesawat terbang militer yang tenggelam.

Menurut AFP, The Conestoga meninggalkan San Francisco menuju Pearl Harbor dengan destinasi terakhir Tutuila di Samoa Amerika. Pihak AL AS mengumumkan Conestago dan awak kapalnya hilang pada 30 Jun 1921.(zar)

Respon Anda?

komentar