Bangunan Tanpa IMB Siap-Siap Dibongkar Paksa

2238
Pesona Indonesia
Kota Batam. Foto: batampos
Kota Batam. Foto: istimewa

batampos.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) Batam tak hanya berencana menertibkan kios-kios liar, tapi juga bangunan-bangunan yang berdiri ilegal tanpa mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) . Termasuk, ruko-ruko yang melebarkan bangunannya tanpa memiliki IMB.

“Prioritas (dibongkar) yang mengganggu akses masyarakat dan jalan umum,” ujar Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batam, Hendri, Jumat (25/3/2016).

Ia menjelaskan, bangunan-bangunan yang tak mengantongi IMB itu dinilai tak hanya menganggu, namun juga dikhawatirkan karena berpotensi membahayakan orang lain. Karena itu, pihaknya menyatakan tak akan memberikan tolerir dan mengimbau para pemilik membongkar sendiri bangunannya sebelum tim penertiban turun tangan untuk menyelesaikannya.

“Padahal itu jelas, IMB biasanya hanya untuk (pendirian) rukonya, kalau menambah ya tidak boleh,” ujarnya.

Menurut dia, pihaknya sudah menerjunkan tim untuk mendata bangunan-bangunan tanpa IMB tersebut di sembilan kecamatan di Batam. Berdasar data itulah Satpol PP akan turun dan menertibkan bangunan yang tak semestinya tersebut.

“Kalau data sudah terkumpul, baru kita turun,” katanya.

Tak hanya bangunan yang dilebarkan tanpa IMB, Kepala Satpol PP Batam juga menyoroti bangunan-bangunan yang peruntukannya tak sesuai dengan IMB yang dulu dikeluarkan. Misalnya, perubahan bangunan dari ruko jadi hotel.

“Hal-hal semacam ini yang juga jadi fokus kita,” ujarnya.

Lebih lanjut, Hendri mengatakan pihaknya terbuka menerima informasi dari masyarakat luas jika menjumpai hal-hal yang tak sesuai ketentuan, atau mengganggu sekitarnya.

“Seperti yang disampaikan Wali Kota Batam (Muhammad Rudi), agar ketertiban dan estetika kota benar-benar diperhatikan, termasuk dengan penertiban itu tentunya ,” kata dia. (rna)

Respon Anda?

komentar