Ciptakan Tenaga Ahli, Disnaker Batam Latih 1500 Pencaker

2556
Pesona Indonesia
Para pencaker saat berkumpul di Pujasera Batamindo, Mukakuning, Seibeduk untuk mencari lowongan kerja yang ditempel oleh perusahaan di Pujasera tersebut. Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos
Para pencaker saat berkumpul di Pujasera Batamindo, Mukakuning, Seibeduk untuk mencari lowongan kerja yang ditempel oleh perusahaan di Pujasera tersebut. Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, menggelar seleksi pelatihan kompetensi keahlian di Kampus Batam Tourism Polytechnic (BTP), Tibanayu, Sabtu (26/3).

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kota Batam, Luhut Marbun mengatakan acara diselengarakan dari Pukul 08.00 hingga 12.00 WIB ini diikuti 1.500 pencari kerja.

“Kita buka dua sesi, mereka diberikan waktu selama 120 menit untuk menjawab 50 soal,” kata dia.

Nantinya seluruh peserta akan diseleksi menjadi 330 pencaker yang akan mengikuti pelatihan kompetensi keahlian April mendatang.

Semua pelaksanaan kegiatan pelatihan murni dibiayai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Batam 2016. Pemerintah telah mengganggarkan lebih dari Rp 2 miliar untuk 11 bidang keahlian.

Disnaker menyiapkan 11 kompetensi diantaranya, elektrikal, instrumen, welder dasar, pipe pitter, dasar K3, HRD, teknik komputer, desain grafis autocad, mobil crane, teknik udara dan motor tempel.

“Setiap paket berbeda biaya,” jelas Luhut.

Dikatakan Luhut, pihaknya akan bekerja sama dengan beberapa lembaga pelatihan untuk mendukung lancarnya pelatihan berbasis kompetensi keahlian ini.

“Hingga kini kami masih mendata lembaga yang akan bergabung. Kita tuntaskan seleksi dulu,” imbuhnya.

Asmadi 25 salah satu pencaker yang mengikuti seleksi mengungkapkan mengetahui informasi dari media.

“Daftar dulu ke Disnaker, setelah itu baru ikut seleksi hari ini,” ujar pria asal Solo ini.

Dikatakan dia, soal berisikan materi matematika, bahasa inggris, pengetahuan umum dan kompetensi yang dipilih.

Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Zarefriadi mengungkapkan kompetensi keahlian sangat penting.

Diharapkan dengan kompetensi ini tenaga kerja bisa menjadi tenaga ahli yang mampu bersaing dengan pekerja asing.

Penyelenggaraan kompetensi ini akan dilaksanakan di Kampus BTP, Tibanayu, Sekupang. Pelatihan keahlian ini akan diberikan selama 15 hari dan tidak dipungut biaya atau gratis.

“Jika mereka (pencaker,red) punya keahlian, lapangan kerja akan menanti mereka,” pungkas Zaref. (cr17)

Respon Anda?

komentar