Dukung Sail Karimata, DKP Bangun Penangkaran Penyu di Benan

1674
Pelepasan tukik dari penangkaran penyu di Desa wisata Benan beberapa waktu lalu. foto: hasbi/batampos
Pelepasan tukik dari penangkaran penyu di Desa wisata Benan beberapa waktu lalu. foto: hasbi/batampos

batampos.co.id – Desa wisata bahari dan konservasi Pulau Benan, Kecamatan Senayang, akan dibangun penangkaran penyu oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) kabupaten Lingga. Wacana ini guna menunjang kegiatan internasional wisata layar Sail Karimata 2016 yang akan melewati 4 titik labuh di Lingga, Kepri, Jumat (25/3).

Candra Hadisastra, Kasi Rehabilitasi dan Perlidungan Sumber Daya, DKP Lingga mengatakan sebelumnya di Desa Benan sudah terdapat satu kelompok Penangkaran Penyu. Selain Desa Benan, Pulau Berhala juga telah miliki penangkaran. Namun sempat vakum sejak 2014 karena defisit.

“Tahun ini kita aktifkan kembali program konservasi penangkaran penyu. Ini untuk mempersiapkan dan menunjang even Sail Karimata pada September mendatang,” kata Candra beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, kata Candra, penangkaran penyu Desa Benan dan Berhala telah berjalan sejak tahun 2011. Adanya penangkaran penyu menjadi penunjang promosi daerah wisata Lingga yang memang kaya akan wisata baharinya. Banyaknya penyu-penyu di perairan Lingga menjadi salah satu aset besar daerah. Pada akhir tahun 2014, sedikitnya 200 ekor penyu yang diselamatkan masyarakat maupun kelompok penangkaran dan telah dikembalikan lagi ke habitatnya.

“Tahun ini kita aktif lagi. Penangkaran penyu pendukung konservasi. Ini menjadi penunjang pariwisata dan promisi daerah,” katanya.

Pada bulan April mendatang penangkaran segera diaktifkan. Kegiatan ini, akan melibatkan masyarakat dan kelompok. Warga yang menemukan penyu bertelor di pesisir pantai, akan tangkarkan sampai menetas. Ia targetkan, 1000 telor tukik untuk ditetaskan dan ditangkarkan di Desa Benan.

“Nanti ditetaskan penyu. Karena target pada event nasional. Paling tidak nanti ada kerjasama dengan orang yang cari telornya,”ujar Chandra.

Program konservasi penangkaran penyu ini, dikatakan Chandra, bersumber dari APBD Lingga 2016 guna mendukung Sail Karimata sebagai promosi daerah. (mhb/bpos)

Respon Anda?

komentar