Perenang Indonesia Torehkan Sejarah di Singapura

1325
Pesona Indonesia
Ilustrasi renang gaya punggung. Foto: istimewa
Ilustrasi renang gaya punggung. Foto: istimewa

batampos.co.id -Di cabang olahraga renang, nama Indonesia tidak begitu gemilang. Tak banyak atlet renang mampu menorehkan prestasi, khususnya di ajang renang internasional.

Namun, di Kejuaraan Renang Kelompok Umur ke-47 di Singapura, perenan-perenang  Indonesia mampu membuat kejutan. Tim garuda berhasil meraih 1 emas 1 perak dan 1 Perunggu.

“Ini pencapaian yang sangat membanggakan,” ujar Alfian Alfeus Bangun, ayah perenang Albertus Andika Bangun, Jumat (25/3/2016).

Penilaian Alfian bukan tanpa dasar. Membanggakan karena Indonesia bersaing dengan negara tangguh seperti Amerika Serikat, Jepang, Jerman,Filipina, Tiongkok, Thailand, Malaysia, India, dan tuan rumah Singapura.

Medali emas dipersembahkan perenang putri Kania Ratih yang turun di nomor 50 meter gaya punggung putri. Kania adalah peraih medali perak SEA Games Singapura 2015. Kania berhasil membuat waktu tercepat 29,80 detik, sekaligus melampaui waktu terbaiknya 29,89 detik.

Sedangkan medali perak dipersembahkan Albertus Andika Bangun di nomor 200 meter gaya kupu-kupu kelompok umur 13-14 tahun putra dengan catatan waktu 2 menit 18 ,55 detik. Albert juga melampaui waktu terbaiknya 2 menit 23 ,46 detik.

”Ini nomor spesialisnya (Albert) tahun lalu di kejuaraan serupa dia raih dua perak 100 dan 200 meter,” ujar Alfian.

Sementara medali perunggu dipersembahkan Tracy Solansa yang turun di kelompok umur 15-17 tahun nomor 800 meter gaya bebas putri dengan catatan waktu 9 menit 23, 32 detik. Tracy juga melampaui waktu terbaiknya 9 menit 36,78 detik.

Manajer tim Renang Felix C Sutanto mengatakan, keikutsertaan perenang di event tersebut selain try ou , sekaligus seleksi renang tim DKI menuju PON-19 Jawa Barat.

”Target perenang kita pada kejuaraan di Singapura ini tercapai hingga 90 persen dan melampaui waktu terbaik mereka ,” kata Felix C Sutanto. Indonesia pada Kejuaraan Renang di Singapura ini menerjunkan 33 atlet dan usia rata –rata di atas 13 tahun. (jpgrup)

Respon Anda?

komentar