Pekan Ini Kios Liar di Pasir Putih Ditertibkan

875
Pesona Indonesia
Kios liar yang terdapat di Pasir Putih Batam Kota. Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos
Salah satu kios liar di Pasir Putih Batam Kota. Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos

batampos.co.id – Kepala Satpol PP Kota Batam, Hendri mengatakan, dalam minggu ini dipastikan kios liar yang ada di pasir putih, Batam Centre, akan ditertibkan. Selanjutnya akan dilakukan penertiban di sekitar Simpang Kara dan Simpang Frengky.

“Kita akan tertibkan minggu ini. Kepada media akan kita beritahukan nanti, proses penertibannya,” katanya.

Menurut Hendri, warga harus lebih bijak dalam membuka usaha. Ia meminta agar warga tidak membeli atau menyewa kios liar di kawasan bufferzone atau di ruang terbuka hijau.

“Nanti akan menyesal kalau sudah berjualan di sana. Kita tegaskan, semua akan kita tertibkan. Tinggal menunggu waktu saja,” katanya.

Terkait pemutusan aliran air ke kios liar. Ia mendukung ATB kalau memang serius untuk memutus aliran air ke kios liar.

“Itu akan menghambat pembangunan kios liar. Kita mendukung saja,” katanya.

Sementara itu, pihak ATB akan melakukan penertiban dan pemutusan aliran air jika diambil dari pipa ATB.

“Kalau ada aliran air dari pipa ATB ke kios liar maka itu ilegal. Dan kami tegaskan, semuanya akan kami putus,” kata Enriqo Moreno, Coorporate Communication Manager ATB.

Enriqo mengatakan pihaknya tidak pernah melakukan pemasangan meteran ke kios liar. Kalau ada aliran air di kios liar, bisa jadi itu dari rumah di sekitarnya. Dan itu pun dilarang.

“Kalau ada rumah yang menjual dan mengalirkan air ke kios liar. Itu tidak boleh. Maka rumahnya yang akan kita putus aliran airnya,” katanya.

Menurut Enriqo, sudah ada beberapa titik kios liar yang diputus karena menyambung aliran air secara ilegal. Di mana ATB hanya melayani pemasangan instalasi pipa ATB ke pemukiman dan perumahan yang resmi.

“Kami tidak tahu masalah bangunan kiosnya.Kami hanya mengurusi air saja. Kalau bangunan yang mau ditertibkan itu bukan urusan kami. Tetapi kalau ada aliran dari ATB itu ilegal dan harus diputus,” katanya. (ian/bp)

Respon Anda?

komentar