Pembangunan Daerah Harus Sinkron dengan Program Pusat

687
Pesona Indonesia
Tjahjo Kumolo
Tjahjo Kumolo

batampos.co.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengingatkan pemerintah daerah (pemda) agar dalam membangun tetap merujuk pada program pemerintah pusat. Ia menegaskan, pemda merupakan bagian integral dari pemerintah pusat.

Menurut Tjahjo, pembangunan di daerah pada prinsipnya merupakan perwujudan urusan pemerintahan pusat yang telah diserahkan ke pemda. Karena itu, pemetaan urusan daerah menyangkut perencanaan, penganggaran dan kelembagaan, harus sinkron dan harmonis dengan program pemerintah pusat dalam mensejahterakan masyarakat.

“Pemetaan daerah sangat penting untuk memperoleh gambaran yang utuh dari kondisi pemerintahan yang ada saat ini. Baik untuk menentukan bentuk pemerintahan yang paling efektif dan efisien, serta untuk sinkronisasi dan harmonisasi, agar tercapai target pembangunan nasional,” ujar Tjahjo, Senin (28/3).

Tjahjo pun berharap agar pemda mensinergikan perencanaan pembangunan yang ada dengan perencanaan pembangunan nasional. Terutama terkait percepatan rencana tata ruang wilayah, penyelesaian dan konsistensi perencanaan pembangunan dan penganggaran daerah, serta penanganan stabilitas politik dan keamanan.

“Saya mengharapkan agar daerah memperhatikan masalah pengelolaan APBD yang meliputi perencanaan, pengadaan barang dan jasa, serta optimalisasi kebijakan dana desa. Kemudian juga memahami area rawan bencana dan rawan korupsi,” ujarnya.

Mantan sekretaris jenderal DPP PDI Perjuangan ini juga menegaskan, pihaknya akan terus melakukan penyempurnaan regulasi pengelolaan keuangan daerah serta langkah-langkah pembinaan dan pengawasan. “Sehingga ke depannya dapat lebih baik dari yang ada saat ini,” pungkasnya.(gir/jpnn)

Respon Anda?

komentar