Bangun Kepri, Sani Prioritaskan Tujuh Bidang Unggulan

547
Pesona Indonesia
Forum Konsultasi Publik (FKP) di Aula Kantor Gubernur Dompak, Tanjungpinang, Senin (28/3). foto:humas pemprov
Forum Konsultasi Publik (FKP) di Aula Kantor Gubernur Dompak, Tanjungpinang, Senin (28/3). foto:humas pemprov

batampos.co.id – Gubernur Kepri, Muhammad Sani akan memfokuskan pembangunan di Provinsi Kepri lewat Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021. Cita-cita besar tersebut diungkapkannya dalam Forum Konsultasi Publik (FKP) di Aula Kantor Gubernur Dompak, Tanjungpinang, Senin (28/3).

“Pembangunan yang akan kita lakukan bersama-sama di Provinsi Kepri untuk lima tahun kedepan, akan difokuskan lewat RPJMD Kepri 2016-2021,” ujar Gubernur Kepri, Muhammad Sani dalam sambutan.

Pada kesempatan ini Gubernur mengatakan pembahasan RPJMD adalah penggambaran dari arah pembangunan yang ingin dicapai pada 5 tahun kedepan sesuai visi dan misi yang diemban, dengan istilah ‘Lanjutkan Pembangunan’. Dengan demikian diharapkan program-program yang belum tercapai secara optimal bisa dilanjutkan kedepannya.

“Jika kita melihat dari hasil laporan pertanggungjawaban akhir masa jabatan (LKPJ-AMJ) kami periode 2010-2015, terlihat bahwa pencapaian pembangunan hingga 81,79 persen dan masuk kategori baik. Namun masih ada beberapa indikator yang memerlukan upaya kerja keras untuk pencapaian targetnya agar lebih optimal lagi,” paparnya.

Adapun prioritas utama dalam RPJMD Provinsi Kepri Tahun 2016-2021 antara lain pembangunan infrastruktur, penguatan konektifitas antar pulau-pulau, peningkatan di bidang maritim, peningkatan mutu pendidikan, peningkatan kualitas kesehatan, pemanfaatan bidang pariwisata, pengentasan kemiskinan dan menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Adapun salah satu isu strategis di Kepri dalam RPJMD 2016-2021 adalah Kapasitas Fiskal Daerah yang terbatas dan pembangunan harus mengedepankan asas prioritas.

“Kapasitas Fiskal Daerah yang terbatas tersebut mengharuskan kita menyusus prioritas utama pembangunan kedepan dan prioritas tersebut diharapkan dapat dijalankan dengan penuh komitmen, bekerja keras dan sungguh-sungguh agar mencapai tujuan sebagaimana yang diharapkan,” pinta Sani.

Sementara itu, Kepala Bappeda Provinsi Kepri, Naharuddin mengatakan bahwa diadakannya forum ini sebagai masukan dan bahan yang akan digunakan untuk penyempurnaan RPJMD yang telah di rancang sebelumnya.

“Rancangan awal RPJMD telah dibuat oleh Bappeda, dengan diadakannya forum ini akan dijadikan bahan, dokumen yang akan digunakan saat Musrembang penyusunan RPJMBD yang akan dilaksanakan Pada Minggu pertama bulan Mei nanti,” ujar Nahar.(jpg/bpos)

Respon Anda?

komentar