Batik Lingga Sepanjang 220 Meter Terbentang di Pawai MTQ

850
Pesona Indonesia
Pawai pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Kabupaten Lingga. foto:wijaya satria/batampos
Pawai pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Kabupaten Lingga. foto:wijaya satria/batampos

batampos.co.id – Batik Lingga bermotif tampuk manggis dengan warna dominan hijau terbentang sepanjang 220 meter dibawa sejumlah peserta pawai pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Kabupaten Lingga oleh kafilah Singkep Barat. Sebagai tuan rumah perhelatan akbar yang ke enam ini, Kecamatan Singkep Barat tampil lebih mewah dengan sejumlah ornamen hewan laut yang menjadi andalan perairan mereka.

“Batik sengaja kami pesan untuk kegiatan kali ini,” ujar Camat Singkep Barat, Siswandi setelah selesai menyaksikan pawai, Senin (28/3) pagi.

Selain batik Lingga, Siswandi juga menyiapkan sejumlah ornamen hewan laut yang menjadi andalan laut Singkep Barat diarak sejumlah peserta pawai. Hewan laut andalan mereka kerang dan sotong, sementara ada juga ornamen kapal, Ka’bah dan unta yang terbuat dari bahan seadanya namun terlihat bagus dan menarik.

Tak hanya Kecamatan Singkep Barat, delapan kecamatan lainnya turut andil dalam memeriahkan pawai kali ini. Seluruh kecamatan juga menampilkan berbagai ornamen serta kostum menarik bagi peserta mereka.

Sejumlah unsur Muspida Kabupaten Lingga turut menyaksikan pawai pembukaan MTQ ini. Bupati Lingga Alias Wello dan Wakil Bupati Lingga M Nizar duduk dipodium bersama sejumlah unsur muspida sembari melambaikan tangan kepada seluruh peserta pawai.

Sementara itu, dalam perhelatan akbar MTQ kali ini Siswandi menerjunkan 28 Qori dan Qoriah untuk mengikuti perlombaan di seluruh cabang. Siswandi berharap akan mempertahankan juara umum yang sebelumnya dua kali mereka raih.

“Sejak saya menjadi camat saja sudah dua kali juara umum. Kali ini, juara umum juga menjadi target kami,” kata Siswandi.

Direncanakan, MTQ ini berjalan selama enam hari dan berakhir pada 2 April mendatang. Selanjutnya akan mengikuti MTQ tingkat Provinsi Kepri mendatang. (wsa/pos)

Respon Anda?

komentar