Katie Kacaukan Penerbangan di London

747
Pesona Indonesia
Badai Katie tak hanya mengacaukan penerbangan, tapi juga menyebabkan sejumlah pohon tumbang dan menghantam kendaraan di London dan Wales Inggris. Foto: www.samaa.tv
Badai Katie tak hanya mengacaukan penerbangan, tapi juga menyebabkan sejumlah pohon tumbang dan menghantam kendaraan di London dan Wales Inggris. Foto: www.samaa.tv

batampos.co.id – Namanya Katie. Sepintas terdengar seperti nama gadis cantik. Namun si Katie satu ini adalah nama badai yang menyapu Inggris dan Wales Minggu malam (27/3/2016) lalu.

Badai tersebut mengacaukan liburan Paskah di dua negara tersebut. Terutama di London, Inggris. Sebab, puluhan penerbangan di Bandara Heathrow dan Gatwick dibatalkan. Beberapa dialihkan ke bandara yang lain. Imbasnya, ribuan penumpang telantar.

Ada 26 penerbangan dibatalkan di Gatwick dan 23 lainnya dialihkan ke bandara di Birmingham, Liverpool, Manchester, Stansted, dan Easet Midlands. Di Heathrow ada 130 penerbangan yang dibatalkan dan 20 lainnya dialihkan.

’’Benar-benar bersyukur bisa mendarat di Bandara Stansted setelah usaha gagal yang menakutkan untuk mendarat di Gatwick,’’ tulis pengguna Twitter @michelegrant, Senin  (28/3/2016).

Pesawat memang tidak mungkin lepas landas maupun mendarat di London. Sebab, kekuatan badai Katie mencapai 170 kilometer per jam. Badai juga membuat aliran listrik di 5 ribu rumah penduduk terputus.

Lembaga prakiraan cuaca dan iklim Inggris Met Office juga memberikan peringatan kemungkinan banjir di 23 titik lantaran badai telah membuat ketinggian air di sungai naik.

Angin yang cukup kencang juga membuat ribuan properti milik penduduk rusak cukup parah. Terutama rumah-rumah di sepanjang Sussex, Surrey, dan Kent. Beberapa pohon tumbang dan menutup jalan. Di Greenwich, sebuah crane di area konstruksi ambruk.

Brigade Pemadam Kebakaran di London mengungkapkan bahwa sejak Minggu mereka menangani sekitar 110 masalah terkait badai Katie. Polisi di Sussex juga menerima lebih dari 600 telepon yang menanyakan tentang cuaca.

Pertandingan antara AFC Wimbledon dan Portsmouth juga terpaksa ditunda karena cuaca buruk. Jembatan M48 Severn yang menghubungkan Inggris dan Wales juga sempat ditutup dan baru dibuka, Senin siang. Begitu juga dengan jembatan A38 Tamar di Cornwall dan jembatan London yang melintasi Sungai Thames.

’’Keadaan akan berangsur membaik di sebagian wilayah timur Inggris pada Senin siang (kemarin, Red),’’ ujar prakirawan cuaca BBC Nick Miller. (AFP/BBC/jpgrup)

Respon Anda?

komentar