KPU Karimun Kembalikan Dana Kampanye Rp 2,5 M

589
Pesona Indonesia
Pilkada Serentak 2015
Pilkada Serentak 2015

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karimun siap mengembalikan sisa dana kampanye yang nilainya mencapai Rp 2.565.383.676. Dana tersebut berasal dari dana hibah Pemerintah Kabupaten Karimun sebesar Rp 9.774.990.800 yang diperuntukkan saat pelaksanaan Pilkada serentak pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karimun tahun 2015 lalu.

”Benar, kita akan kembalikan dana hibah ke Pemda Karimun sebesar Rp 2,5 miliar lebih. Namun, masih menunggu petunjuk dari Kanwil Dirjen Anggaran Kepri bagaimana aturan mainnya dalam pengembalian ke Pemda Karimun nantinya,” jelas Sekretaris KPU Karimun Khalid, Senin (28/3) di ruang kerjanya.

Ia mengatakan, anggaran dana Pilkada dapat dipergunakan hingga akhir Maret ini. Sehingga, pada awal April mendatang sudah tidak dapat dipergunakan. Terakhir, ada pertemuan antara parpol, tim sukses ketiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati beberapa waktu lalu, serta Panwaslu Karimun. Dalam pertemuan tersebut, KPU Karimun melakukan evaluasi penyelenggaraan Pilkada serentak 2015 lalu.

”Kemarin, kita adakan pertemuan dengan semua pihak. Tujuannya untuk memberikan masukkan kepada KPU, selama penyelenggaraan Pilkada serentak 2015 lalu. Agar menjadi catatan untuk melakukan perbaikan ke depan dalam pelaksanaan Pileg, Pilpres, Pilkada nantinya,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Panwaslu Karimun Mardanus. Dikatakan, pihaknya juga akan mengembalikan dana hibah kepada Pemda Karimun. Panwaslu Karimun menerima dana hibah sebesar Rp 3,2 miliar lebih, setelah dilakukan rekapitulasi penggunaan dana hibah tersebut maka terjadi sisa anggaran sekitar Rp 900 juta lebih.

”Benar, sisanya akan di kembalikan ke Pemda lah. Mulai awal April, Panwaslu Karimun sudah tidak aktif kan. Artinya, aktivitas maupun perkantoran sudah bubar,” katanya. (tri/bpos)

Respon Anda?

komentar