Ladies, Cuci Organ Intim dengan Air Mineral

1009
Pesona Indonesia

bikini

batampos.co.id – Kebersihan merupakan kunci utama agar terhindar dari penyakit, terlebih untuk organ intim. Seringkali masalah pada organ intim perempuan disebabkan sanitasi yang tidak bersih. Karena itu, diperlukan air yang benar-benar steril. Salah satu pilihannya adalah air mineral.

Selama ini, gangguan organ intim perempuan seperti keputihan kerap disebabkan kurang bersihnya organ itu. Keputihan yang berlangsung lama bisa menimbulkan infeksi dan berkembang menjadi kanker serviks.

Menurut dokter pemerhati penyakit perempuan, Ananto Sidohutomo MARS, kanker serviks menjadi ancaman serius bagi perempuan. Itu terbukti dengan tingginya angka kematian perempuan yang disebabkan penyakit tersebut.

Ananto mengatakan, ada banyak cara yang dilakukan untuk mendeteksi terjadinya kanker serviks. Salah satunya dengan metode inspeksi visual asam asetat (IVA) atau menggunakan pap smear. Namun, cara tersebut sebatas deteksi, bukan pencegahan. Yang dimaksud mencegah adalah membiasakan pola hidup bersih agar tidak terjadi keputihan.

‘’Kalau IVA dan pap smear itu kan hanya metodenya. Yang lebih penting adalah mengubah pola hidup agar lebih bersih,’’ tuturnya.

Ananto menjelaskan, selama ini kebiasaan perempuan adalah menggunakan air sumur atau PAM untuk mencuci organ intim perempuan. Padahal, menurut dia, air itu masih mengandung bakteri. Karena itu, ia menyarankan perempuan agar menggunakan air mineral atau air yang sudah dimasak terlebih dahulu.

Ia memaklumi, cara itu memang agak susah. Namun, ia menilai cara tersebut merupakan upaya terbaik agar air yang digunakan benar-benar steril.

‘’Ya memang agak ribet, menunggu memasak air atau membeli air mineral dulu. Tapi, kalau buat kesehatan, ya saya pikir nggak masalah,’’ ujarnya.

Jika cara itu dianggap sangat merepotkan, Ananto menyebut pemakaian air biasa boleh-boleh saja, asal setelah itu dibersihkan lagi dengan sabun atau tisu antiseptik. (nhk/rpg)

Respon Anda?

komentar