Rujukan ke RS di Tanjungpinang Bakal Menggunakan Sistem Online

549
Pesona Indonesia
Seorang warga memeriksakan kesehatannya di Puskesmas Pancur Tanjungpinang, Senin (18/1).  Data pasien di Puskesmas bakal bisa diakses online bila akan dirujuk ke Rumah Sakit. F.Yusnadi/Batam Pos
Seorang warga memeriksakan kesehatannya di Puskesmas Pancur Tanjungpinang, Senin (18/1). Data pasien di Puskesmas bakal bisa diakses online bila akan dirujuk ke Rumah Sakit.
F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Satu Lagi inovasi Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang di tahun 2016 ini, yaitu pemanfaatan sistem online untuk pasien ke rumah sakit (RS). Tujuannya, untuk mempermudah pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kota Tanjungpinang.

“Ini juga ide dari Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, bagaimana mempercepat pelayanan publik,” ujar Sekretaris Kota (Seko) Tanjungpinang, Riono, Senin (28/3).

Dengan adanya sistem online ini, maka data rujukan dari Puskesmas dapat langsung dikirim ke rumah sakit tujuan. “Jadi nanti pasien datang ke Puskesmas untuk berobat, ketika harus dirujuk, RS langsung mengetahui data pasien dan tindakan yang harus diberikan. Sehingga tindakan dapat segera dilakukan,” ujarnya.

Kapan dimulai pelaksanaannya? “Harus dianggarkan dahulu. Dan akan kami coba anggarkan di APBD Perubahan 2016 ini,” ujarnya.

Sementara Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah mengatakan, tujuan pemanfaatan sistem online untuk rujukan ke rumah sakit, adalah untuk mempermudah sistem pelayanan. Tapi sebelum menuju ke sana, pihaknya terlebih dahulu harus mengintegrasikan sistem Puskesmas dan rumah sakit. “Supaya tidak mempersulit masyarakat, dengan memangkas alur birokrasi,” ujarnya.

Lis optimis, tahun 2016 ini program tersebut dapat dilaksanakan di Kota Tanjungpinang. “Untuk pengadaannya tidak sulit. Tahun ini pasti dilaksanakan. Yang jelas paling lambat akhir tahun (penerapannya, red),” tuturnya. (Lra/bpos)

Respon Anda?

komentar