Seluruh Jalan Utama Akan Dilalui Bus Trans Batam

3481
Pesona Indonesia
Warga Batam saat menumpang bus Trans Batam tujuan Batam Kota-Batu Aji, Kamis (17/3) lalu. Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos
Warga Batam saat menumpang bus Trans Batam tujuan Batam Kota-Batu Aji, Kamis (17/3) lalu. Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos

batampos.co.id – Angkutan massal nyaman, aman dan murah yang didambakan warga Batam akan segera terpenuhi. Sebabnya Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam berencana membuka semua trayek ke seluruh penjuru kota Batam. Di mana jalan-jalan utama di Kota Batam akan dilalui Bus Trans Batam.

Madian, Kepala UPT Trans Batam mengatakan dalam jangka waktu lima tahun kedepan, di Batam akan dibuka 11 koridor. Koridor satu adalah Sekupang-Batamcenter, Koridor dua Tanjunguncang-Batamcenter, Koridor tiga Sekupang-Jodoh, koridor empat Tancunguncang-Sekupang, Koridor lima Batamcenter- Jodoh, Koridor enam Batamcenter-Tanjungpiayu, Koridor tujuh Batamcenter-Nongsa, Koridor delapan Jodoh-Punggur, koridor sembilan Jodoh-Nongsa, Koridor sepuluh Nongsa-Punggur dan koridor sebelas adalah Tembesi-Galang.

“Jadi lima tahun kedepan sudah ada 11 koridor yang kita layani. Kalau saat ini baru hanya lima koridor saja,” katanya.

Kata Madian, dari lima koridor yang beroperasi tersebut ada sekitar 48 bus yang sudah beroperasi. Pembagiannya adalah, untuk koridor satu Sekupang-Batamcenter ada sekitar 12 bus, koridor dua Tanjunguncang-Batamcenter sebanyak 10 bus, Koridor tiga Sekupang-Jodoh sebanyak 10 bus, koridor lima Batamcenter-Jodoh sebanyak sebanyak 9 bus, dan koridor enam Batamcenter-Tanjungpiayu sebanyak 7 bus.

“Mungkin setiap tahun, akan kita lakukan terus penambahan koridor. Karena kita juga akan terus menganggarkan pengadaan bus,” katanya.

Mei mendatang ada sekitar 15 unit busway tiba di Batam. Ini adalah hibah dari Kemenhub. Rencananya ini juga akan langsung digunakan untuk koridor yang baru.

“Kita akan terus berbenah. Ini juga merupakan permintaan dari masyarakat luas,” katanya.

Sementara itu anggota DPRD Batam, Werton P meminta Dishub jangan takut kepada orang tertentu yang meminta Pembatasan operasional Trans Batam. Menurutnya, sudah selayaknya Batam memiliki angkutan yang aman, nyaman dan murah.

“Silahkan buka saja trayek ke semua penjuru. Kita mendukung. Tetapi ingat, pelayanan harus terus ditingkatkan,” katanya.

Menurut Werton, saat ini pengguna Trans Batam ini sudah terus bertambah. Dan sudah mulai dikenal masyarakat luas.

“Kalau masalah angkutan umum, menurut saya tetap harus diperhatikan pemerintah. Cari solusinya kepada mereka. Harus tetap dibantu, mereka juga butuh hidup,” katanya. (ian)

Respon Anda?

komentar