Sidang Pembunuhan Dian Melenia Kembali Digelar di PN Batam

943
Pesona Indonesia
Wardiaman saat menjalani sidang di Pengadilan Negeri Batam. Foto: Eggi/ batampos.co.id
Wardiaman saat menjalani sidang di Pengadilan Negeri Batam. Foto: Eggi/ batampos.co.id

batampos.co.id – Sidang kasus pembunuhan terhadap Dian Melinia alias Nia dilanjutkan dengan agenda mendengarkan eksepsi dari kuasa hukum Wardiaman Zebua atas surat gugatan yang dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), pada Senin (21/3) lalu.

“Masih berpegang dengan pasal 143 ayat 2 b yang menyatakan surat dakwaan harus cermat, jelas dan lengkap mengenai tindak pidana yang didakwakan dengan menyebut waktu dan tempat tindak pidana itu dilakukan,” ungkap Kuasa Hukum Wardiaman, Isfandir Hutasoit di Pengadilan Negeri (PN) Batam, Selasa (29/3).

Surat dakwaan yang dibacakan oleh JPU menurut tim kuasa hukum Wardiaman tidak ada satupun yang dapat menunjukkan tindakan dari terdakwa atas kematian korban Dian.

“Surat dakwaan hanya didasarkan dari keterangan saksi Nadia, Donna, Ayu dan saksi Serel yang mana dari keterangan saksi yang semuanya pernah diberhentikan oleh orang yang mirip dengan terdakwa. Dikaitkan dengan kematian korban Dian,” lanjut Kuasa Hukum Wardiaman lainnya, Utusan Sarumaha.

Adapun menurut Kuasa Hukum Wardiaman, keterangan tersebut bukanlah merupakan keterangan yang menerangkan tindakan terdakwa adalah sebagai orang yang telah melakukan pembunuhan terhadap Korban Dian.

“Bahwa keterangan dari saksi yang mengatakan pernah diberhentikan oleh terdakwa dengan kata “mirip dengan terdakwa”. Itu berarti pengertiannya orang yang dikatakan mirip adalah bukan orang yang sama,” lanjut Utusan Sarumaha.

Atas keberatan surat dakwaan dari JPU, tim Kuasa hukum Wardiaman meminta majelis hakim memberikan putusan sebagai berikut:
1. Menerima eksepsi dari kuasa hukum Wardiaman Zebua
2. Menyatakan rumusan JPU batal demi hukum
3. Memerintahkan Wardiaman Zebua bebas setelah putusan sela diucapkan
4. Barang bukti dikembalikan oleh JPU

Sementara itu, setelah mendengarkan eksepsi dari tim kuasa hukum Wardiaman Zebua, Ketua Majelis Hakim menutup sidang dan dilanjutkan pada Kamis (31/3) dengan agenda jawaban JPU atas eksepsi Kuasa Hukum Wardiaman Zebua. (eggi)

Respon Anda?

komentar