Urus Akte Kelahiran Anak Bisa di Kelurahan dan RSUD Embung Fatimah

807
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam pengurusan akte lahir. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam bekerjasama dengan kelurahan dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah.

Kepala Bidang Catatan Sipil, Boy Jamaris mengatakan orangtua cukup membawa fotocopi buku nikah, KK, KTP serta surat dari bidan lalu diantar ke kantor kelurahan setempat. “Sementara ini kita percobaan di Tibanlama,” kata Boy, Senin (28/3).

Nanti pihak kelurahan dan RSUD Embung Fatimah akan membantu menginput data secara online. Setelah itu berkas diantar ke Disdukcapil.

Menurutnya, kesadaran masyarakat untuk membuat akte lahir baru mencapai 67 persen. Selama tahun 2015 tercatat 34.138 akte yang dikeluarkan Disdukcapil Batam. “Sedangkan jumlah bayi yang lahir lebih dari 40 ribu pertahun,” ujarnya.

Diharapkan Boy, kedepannya masyarakat lebih peduli untuk mengurus akte kelahiran. “Jangan kalau sudah mau sekolah saja baru diurus, ini rentan terjadinya curi umur,” jelasnya.

Disinggung mengenai Kartu Identitas Anak, menurutnya Batam belum memenuhi persyaratan untuk KIA. “Pencapaian kita harus 95 persen dulu, baru KIA bisa diterapkan di Batam,” katanya. (cr17)

Respon Anda?

komentar