Balapan Prolog 12 Km Tour de Bintan di Lagoi Bay Digelar Besok

892
Pesona Indonesia
Suasana prolog Ironman Bintan pada tahun lalu. Prolog Tour de Bintan 2016 pun melalui rute kawasan wisata Lagoi Bay sejauh 12 km yang dimulai besok siang. Foto: Fatih Muftih / Batam Pos.
Suasana prolog Ironman Bintan pada tahun lalu. Prolog Tour de Bintan 2016 pun melalui rute kawasan wisata Lagoi Bay sejauh 12 km yang dimulai besok siang. Foto: Fatih Muftih / Batam Pos.

batampos.co.id – Tour de Bintan tahun ini dipastikan berlangsung berbeda dari gelaran-gelaran sebelumnya. Pasalnya, sejak kali terakhir ditaja dua tahun silam, rute prolog atau balapan pembuka dilakukan melalui Criterium Tanjungpinang, tahun ini rute prolog dialihkan ke kawasan wisata baru Lagoi Bay.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bintan, Luki Zaiman Prawira mengatakan, rute prolog sejauh 12 kilometer (km) yang dimulai Jumat (1/4) besok siang adalah seputaran Lagoi Bay. “Panitia maupun pesepeda rata-rata sangat antusias dengan lintasan baru ini,” kata Luki, kemarin.

Kawasan Lagoi Bay pada ajang Ironman Bintan tahun lalu juga masuk dalam rute balapan. Luki menyebutkan, rata-rata peserta dari pelbagai negara menunjukkan antusiasme yang tinggi melalui keberadaan Lagoi Bay. “Rute baru ini menjadikan peserta langganan yang ikut setiap tahunnya tidak bosan,” ucap mantan Kepala Satpol PP Bintan ini.

Lagi pula, pelaksanaan Criterium Tanjungpinang pada Tour de Bintan tahun 2014 silam merupakan bagian kegiatan yang sepenuhnya disponsori Dinas Pariwisata Provinsi Kepri. Sehingga ketika tidak ada kontak lagi dari Dinas Pariwisata untuk menggelar criterium, Metasport selaku panitia penyelenggara tidak mengadakan rute yang sama untuk tahun ini.

“Karena itu prologi dibuat di Lagoi Bay. Masih banyak pesepeda juga yang belum tahu. Kan Lagoi Bay baru buka 2015 kemarin dan di tahun itu Tour de Bintan di-cancel karena asap,” ucap Luki.

Karena itu pula, gelaran Tour de Bintan tahun ini semacam gelaran ‘balas dendam’ lantaran di tahun 2015 urung dilaksanakan. “Jadi kami akan sangat maksimal di tahun ini,” ungkapnya.

Tercatat, bakal ada pesepeda dari 40 negara dan lebih dari 70 tim balap sepeda dan komunitas dari Singapura, Hong Kong, Australia, Malaysia, Indonesia dan negara Asia lainnya. Sebanyak 800 pesepeda profesional sudah mendaftar dalam ajang bergengsi ini. Tiga puluh persen pesepeda dari Singapura, lalu dari Inggris ada 19 persen dan Australia sebanyak 12 persen. “Sedangkan Indonesia sendiri hanya menyumbang sekitar enam persen peserta,” ungkap Luki.

Terpisah, jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) dari Polres Bintan sudah meninjau beberapa titik jalan yang bakal jadi lintasan balap sepeda internasional ini. Kepala Satlantas AKP Yunita Stevani mengatakan, survey lintasan ini juga bagian dari peningkatan pengamanan selama kegiatan berlangsung. “Nanti balapan kan didampingi langsung oleh anggota kami,” ucap Yunita.

Akan ada lebih dari 30 personel Satlantas Polres Bintan yang bersiaga selama gelaran tiga hari ke depan. Deretan pesepeda bakal dikawal langsung dengan mobil patroli ketika merampungkan rute mengeliling pulau Bintan.

“Survey ini sekalian memetakan dan meninjau kondisi jalan yang hendak dilalui. Biar pengamanannnya bisa maksimal,” pungkas polwan berpangkat tiga balok emas ini. (muf/bpos)

Respon Anda?

komentar