BNN: Ada 1.985 Warga Natuna Pecandu Narkoba

1076
Pesona Indonesia
BNN Kepri diskusi publik dengan pemerintah Kabupaten Natuna di kantor Bupati Natuna. foto:aulia rahman/batampos
BNN Kepri diskusi publik dengan pemerintah Kabupaten Natuna di kantor Bupati Natuna. foto:aulia rahman/batampos

batampos.co.id – BNNP Kepri menyatakan, penyalahgunaan narkoba di Provinsi Kepri masih tinggi, dan berada pada peringkat 4 nasional. Sebanyak 1.985 orang pecandu narkoba tersebut terdapat di Natuna.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Kepri AKBP Amad Yani mengatakan, tingginya penyalahgunaan narkoba di Kepri dapat dilihat dari sebelumnya pernah berada posisi ke dua setelah Jakarta. Natuna pun menjadi penyumbang tingginya penyalahgunaan narkoba di Kepri.

“Artinya Natuna salah satu kabupaten dengan peredaran narkoba sudah menyalakan isyarat darurat, persentasenyansekitar hampir 2.000 warga Natuna pecandu narkoba,” sebut Ahmad Yani dalam diskusi dengan pejabat Natuna, di kantor Bupati Natuna, Selasa (29/3).

Menurut Ahmad Yani, beberapa daerah di Kepri merupakan daerah rawan menjadi pintu masuk dan menjadi tempat peredaran narkoba. Salah satunya adalah Natuna.

Natuna, katanya, tahun ini diprioritaskan akan diupayakan kepada BNN agar dibentuk BNNK, termasuk Kabupaten Bintan. Karena dilihat dari tingkat kerawanannya yang cukup tinggi.

Bahkan sebut Ahmad Yani, BNN banyak melayani korban penyalahgunaan narkoba dari Natuna, diantaranya adakah pegawai negeri sipil. Jadi permasalahan narkoba di Natuna dan Anambas perlu ada perhatian.

“Kacamata saya, Natuna cukup tinggi kerawanan penyalahgunaanan narkoba, itu ada perhatian khusus masalah ini,” katanya.

Asisten Pemerintahan Pemkab Natuna Basri mengatakan, Natuna yang terdiri dari pulau-pulau dan penyebaran penduduk dengan kondisi pelabuhan kecil, sangat berpotensi rawan masuknya narkoba secara bebas.

“Sekarang masuknya narkoba di Natuna tidak terpantau, bisa saja kapal nelayan dan lainnya dijadikan pintu masuk narkoba,” ujar Basri.

Dikatakan Basri, faktor gegrafis Natuna menjadikan kabupaten yang kerawanannya tinggi. Karena Natuna berada di tengah-tengah negara Asean.

“Apalagi akses masuk bisa dari mana saja. Dikelilingi negara tetangga, baik Malaysia, Vietnam, Thailan, Brunai,” ujar Basri.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar