Jaringan Pengedar Ditangkap, Satu Polisi, Satu Supir Pengusaha Ternama di Tanjungpinang

1628
Pesona Indonesia
Empat tersangka pengedar narkoba digiring petugas di Mapolres Tanjungpinang, Selasa (29/3). F.Yusnadi/Batam Pos
Empat tersangka pengedar narkoba digiring petugas di Mapolres Tanjungpinang, Selasa (29/3). F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Jajaran Satnarkoba Polres Tanjungpinang mengungkap tiga jaringan pengedar narkoba dalam operasi Berantas Sindikat Narkoba (Bersinar) 2016, dengan mengamankan lima orang tersangka. Salah satunya oknum anggota Polri dan supir salah seorang pengusaha di Tanjungpinang.

Kelima orang yang ditangkap tersebut yakni AN, SL, LM, SA, IA. AN diketahui merupakan supir dari Hengki Suryawan salah seorang pengusaha tersohor di Tanjungpinang, sedangkan LM anggota Polres Bintan berpangkat Briptu. Sedangkan TA, supir istri Hengki Suryawan yang melarikan dengan cara lompat dari kamar 330 hotel Bintan Beach Resort (BBR) ditetapkan sebagai DPO oleh pihak kepolisian.

Kasat Narkoba Polres Tanjungpinang Abdul Rahman, mengatakan penangkapan tiga sindikat jaringan narkoba yang dilakukan pihaknya dalam operasi Bersinar tersebut dilakukan karena adanya informasi dari masyarakat tentang adanya transaksi narkoba.

”Jaringan pertama yakni SL dan AN. Pengungkapan ini berawal dari tertangkapnya SL di Jalan Seijang, yang kemudian kami kembangkan dan berhasil menangkap AN. Dari AN diketahui bahwa sabu tersebut didapatnya dari TA yang kami tetapkan DPO,” ujar Rahman, saat ekspose di kantornya, Selasa (29/3).

Penangkapan kedua, kata Rahman, dilakukan pihaknya di Jalan Raja Haji Fisabilillah, kilometer 8, tepatnya di depan perumahan Ceruk Permata. Disitu pihaknya mengamankan dua orang yakni SA dan LM, oknum anggota Polri yang bertugas di Polres Bintan dengan pangkat Briptu.

”Jaringan ketiga yang kami tangkap yakni IA, di perumahan Griya Bintan Asri kilometer 8. Kami intinya tidak tebang pilih membongkar jaringan narkoba. Semua yang terlibat kami sikat,” kata Rahman.

Dari tangan ketiga tersangka, lanjut Rahman, pihaknya berhasil mendapatkan barang bukti (bb) narkoba jenis sabu dan barang bukti lainnya.

”Dari SL dan AN, kami dapatkan BB sabu 1 gram, 2 unit handphone, 1 helai kertas tisu dan 1 kotak rokok. Dari LM dan SA barang bukti yang kami dapatkan yakni tiga paket sabu seberat 2,1 gram, 1 unit sepeda motor Honda Tiger BP 2517 QT dan 2 unit handphone. Dari IA didapat bb 3 paket seberat 2,78 gram, 1 timbangan, alat hisap sabu, 1 kantong plastik transparan, 1 unit handpone Samsung,” sebut Rahman.

Akibat perbuatannya, empat orang yang terjaring dalam operasi Bersinar yang dilakukan Satnarkoba Polres Tanjungpinang tersebut dijerat dengan pasal 114 ayat (1) jo pasal 112 ayat (1) jo pasal 132 ayat (1) undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang pemberantasan narkoba.

”Sedangkan untuk IA karena dia diduga sebagai pengedar maka hanya dikenakan pasal 114 ayat (1) jo pasal 112 ayat (1) tentang pemberantasan narkoba,” pungkas Rahman.(ias/bpos)

Respon Anda?

komentar