Mesin sudah Uzur, Kursus Latihan Kerja di Anambas Jadi Vakum

397
Pesona Indonesia
Bangunan Kursus Latihan Kerja di  Antang, Desa Tarempa Timur, terbengkalai karena tidak digunakan lagi. foto:syahid/batampos
Bangunan Kursus Latihan Kerja di Antang, Desa Tarempa Timur, terbengkalai karena tidak digunakan lagi. foto:syahid/batampos

batampos.co.id – Sejumlah mesin seperti mesin las dan mesin bubut yang ada di Kursus Latihan Kerja (KLK) yang ada di Antang, Desa Tarempa Timur, sudah tidak bisa digunakan lagi karena usianya yang sudah uzur. Penyebabnya, kondisi mesinnya sudah banyak yang aus sehingga dari beberapa mesin yang ada hanya beberapa unit mesin saja yang dapat digunakan.

Bangunan berikut mesin-mesin yang yang ada di dalamnya tersebut merupakan sumbangan dari konsorsium yang diserahkan ke Kabupaten Natuna pada tahun 2002 silam. Jadi saat ini usianya sudah kurang lebih 14 tahun. kemudian diserahkan kepada pemerintah Anambas ketika daerah ini telah ditetapkan menjadi kabupaten.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kepulauan Anambas mengatakan, sampai saat ini belum ada penambahan alat yang baru.

Upaya untuk mengadakan peralatan baru melalui program Coorporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan yang memiliki base di Matak pun, diakui Zairin sudah dilakukan dengan mengirimkan proposal pada awal tahun 2015 lalu. Hanya saja, hal tersebut sampai saat ini urung terealisasi.

“Natuna menyerahkan ke kami hanya bangunan saja. Tidak untuk aset-aset. Ada beberapa aset di situ mulai dari kendaraan bermotor untuk sarana pendukung pelatihan. Di sana ada juga yang menjaga serta instrukturnya,” ungkapnya Selasa (29/3) siang.

Zairin mengatakan, KLK tersebut statusnya kini berada di bawah naungan Disnakertrans. Jadi bagi siapa saja warga Anambas yang akan menggunakan alat tersebut bisa saja tapi menurutnya KLK tersebut harus ditingkatkan menjadi Unit Pelaksana Teknis (UPT) dulu.

“Statusnya harus struktur di organisasi di kita. Paling tidak jadi UPT. Bagi masyarakat yang ingin menggunakan alatnya tidak masalah,” ungkapnya.

Seperti diketahui Kursus Latihan Kerja yang berlokasi di Antang, Desa Tarempa Timur, Kecamatan Siantan, pakum karena tidak ada kegiatan sejak dua tahun terakhir dikarenakan kondisi anggaran.(sya/bpos)

Respon Anda?

komentar