Optimistis TNI Bakal Selamatkan 10 WNI dari Penyanderaan

943
Pesona Indonesia
Foto: dokumen JPNN.Com
Foto: dokumen JPNN.Com

batampos.co.id – Anggota Komisi I DPR, Ahmad Zainuddin menyatakan bahwa Kementerian Luar Negeri, TNI, BIN dan Polri sudah berkoordinasi secara baik dalam upaya pembebasan 10 warga negara Indonesia (WNI) yang kini disandera kelompok Abu Sayyaf di Filipina. Menurutnya, TNI pasti akan mampu membebaskan 10 sandera itu dengan selamat.

Zainuddin mengatakan, Indonesia sudah punya pengalaman dalam pembebasan sandera. Dengan pengalaman dan strategi yang baik, katanya, pemerintah pasti bisa mengatasinya. “Dulu TNI sukses bebaskan WNI di Somalia,” ujarnya¬† di Jakarta, Rabu (30/3).

Zainuddin bahkan meyakini TNI sudah memiliki strategi efektif baik secara persuasif maupun  ofensif yang bisa digunakan dalam operasi pembebasan sandera dari kelompok Abu Sayyaf.

Meski demikian ia mengingatkan agar ke depan kasus ini menjadi perhatian bagi pemerintah. Menurutnya, penyanderaan merupakan efek tidak terselesaikannya masalah separatisme dan terorisme di Filipina Selatan.

“Dua isu non-tradisional ini menjadi pekerjaan rumah ASEAN yang harus diselesaikan,” jelasnya.

Karena itu, pihaknya mendorong negara-negara ASEAN mengkaji ulang code of conduct dan ASEAN Way. Sebab, negara-negara di Asia Tenggara sudah mendeklarasikan Masyarakat Keamanan ASEAN sebagai pilar ASEAN Community.(fat/jpnn)

Respon Anda?

komentar