Pilbup Benteng 2017, KPU Pangkas 26 TPS

1116
Pesona Indonesia
Ilustrasi. Foto: Dok JPNN
Ilustrasi. Foto: Dok JPNN

batampos.co.id –¬†Menyambut pesta demokrasi pemilihan Bupati dan wakil Bupati (Pilbup) Benteng 2017 mendatang, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Benteng terpaksa mengurangi jumlah tempat pemungutan suara (TPS). Setidaknya ada 26 TPS yang dihilangkan.

“Pada pelaksanaan pilbup nanti, kita hanya menggunakan sebanyak 213 TPS yang tersebar di 143 desa. Sedangkan sebelumnya jumlah TPS mencapai 239,” kata Komisioner KPUD Benteng Divisi Logistik, Dodi Herawansyah SPd MM kepada Bengkulu Ekspres (Jawa Pos Group), Selasa (29/3).

Dodi mengaku, pengurangan TPS itu dilakukan dengan mempertimbangkan ketersediaan anggaran dari Pemkab Benteng.Sebab, setiap TPS dipastikan membutuhkan anggaran yang tidak sedikit, baik pembayaran honor Panitia Pemungutan Suara (PPS) maupun honor untuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Salah satu pertimbangan kita mengurangi jumlah TPS ini karena keterbatasan anggaran. Bahkan dalam Pilbup nanti, kita tidak mengganggarkan pengadaan kotak dan bilik suara, melainkan tetap menggunakan kotak dan bilik suara bekas pemilihan gubernur tahun lalu,” terang Dodi.

Namun demikian, Dodi belum bisa menentukan TPS di desa mana yang akan dihapus dan dileburkan ke TPS terdekatnya. Karena pihaknya akan menerjunkan tim survei terlebih dahulu untuk menganalisa dan menetukan desa mana yang terkena pengurangan TPS.

“Setiap desa setidaknya ada satu TPS, tapi sebelumnya kita akan analisa dalu sebelum menentukan TPS mana yang dihilangkan,” lanjutnya.

Sesuai dengan jadwal tahapan Pilbup, TPS tersebut harus ditetapkan pada April mendatang.

“Kita akan melakukan perekrutan anggota PPK dan PPS pada bulan Mei-Juni. Jadi, sebelum merekrut PPK dan PPS, TPS harus kita tetapkan terlebih dahulu,” tutupnya.(JPG)

Respon Anda?

komentar