Entaskan Kemiskinan, 450 KK Dapat Bantuan UEP di Lingga

926
Pesona Indonesia
Muslim menunjukkan RTLH yang belum selesai dibangun. Tahun ini Dinsosnakertrans akan memberikan bantuan UEP yang disejalankan dengan bantuan RTLH. foto:wijaya satria/batampos
Muslim menunjukkan rumah RTLH yang belum selesai dibangun. Tahun ini Dinsosnakertrans akan memberikan bantuan UEP yang disejalankan dengan bantuan RTLH. foto:wijaya satria/batampos

batampos.co.id – Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Lingga, H Muslim akan menyerahkan bantuan kepada 450 Kepala Keluarga (KK) dalam program Pengentasan Kemiskinan (Taskin) melalui bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP).

Bantuan UEP kepada 450 KK itu akan dicicil dalam lima tahun, sehingga setiap tahunnya Dinsosnakertrans akan memberikan bantuan kepada 90 KK dalam setahun.

“Sasaran yang mendapat bantuan UEP ini diprioritaskan bagi masyarakat yang telah mendapat bantuan rehap rumah tidak layak huni,” ujar Muslim, Rabu (30/1) siang.

Bantuan ini, kata Muslim, diharapkan menjadi pendongkrak pendapatan masyarakat sehingga dapat memenuhi kebutuhan mereka yang berujung pada berkurangnya jumlah masyarakat miskin di Kabupaten Lingga.

Sebelumnya Dinsosnakertrans juga sudah melaksanakan sejumlah program seperti Koperasi Usaha Bersama (KUBE). Namun yang membedakan keduanya adalah, KUBE merupakan bantuan yang diberikan kepada kelompok, sedangkan UEP merupakan bantuan yang diberikan kepada Kepala Keluarga atau individu yang memiliki usaha kecil dan membutuhkan permodalan dalam pengembangan usahanya.

Program UEP ini juga akan berjalan bersamaan dengan program taskin lainnya seperti, RTLH dan bantuan lainnya. “Jika bantuan rumah saja bagai mana masyarakat harus memenuhi kebutuhan mereka dan meningkatkan taraf hidup,” ujar Muslim.

Untuk itu, program UEP ini diselaraskan dengan data penerima RTLH sebagai bentuk penekanan angka kemiskinan yang diselenggarakan pemerintah. (wsa/bpos)

Respon Anda?

komentar