Pemprov Kepri Siapkan Rp 20 Miliar untuk Bangun Pelabuhan Berhala

888
Pesona Indonesia
Pulau Berhala, Lingga. foto:wihaya satria/ batampos
Pulau Berhala, Lingga. foto:wihaya satria/ batampos

batampos.co.id – Pemerintah Provinsi Kepri akan memperkuat sistem konektivitas di Pulau Berhala, Lingga. Lewat Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kepri 2016, Pemprov Kepri menyiapkan anggaran sebesar Rp 20 miliar untuk pembangunan pelabuhan.

“Kita akan anggarkan Rp 20 miliar untuk pembangunan Pelabuhan di Pulau Berhala. Pembangunan tersebut untuk memperkuat sistem konektivi di Kepri,” ujar Gubernur Kepri, Muhammad Sani saat pembahasan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kepri 2016-2021 di Aula Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Senin (28/3) lalu.

Menurut Gubernur, keinginan tersebut merupakan bagian dari rencana pembangunan yang akan dilaksanakan lewat RPJMD Kepri 2016-2021. Dalam kesempatan itu, Gubernur juga mengatakan lewat APBD murni 2016, fokus dari Pemprov Kepri melalui Dinas Perhubungan adalah menyelesaikan kelanjutan Pelabuhan Sijantung, Batam.

“Mudah-mudahan, untuk Pelabuhan Pulau Berhala bisa kita mulai di APBD Perubahan mendatang. Karena semua tergantung pada kemampuan keuangan daerah,” jelas Gubernur.

Sementara itu di tempat terpisah, Kepala Bidang Perhubungan Laut (Kadishub) Kepri, Aziz Kasim Djou ketika dikonfirmasi Batam Pos, Rabu (30/3) mengatakan Detail Engineering Design (DED) Pelabuhan Berhala, Lingga, sudah selesai dilakukan tahun 2015 lalu.

“Berdasarkan perhitungan kebutuhan anggaran sebesar Rp20 miliar. Rencananya akan mulai dilaksanakan lewat APBD Perubahan nanti, jika kemampuan keuangan daerah memadai,” ujar Aziz.

Menurut Aziz, pelabuhan tersebut dirancang sedemikian rupa supaya kapal perintis bisa bersandar. Jadi pelabuhan tersebut sedikit menjorok ke laut. Disebutkannya juga, panjang trestle pelabuhan Pulau Berhala sekitar 145 meter. Selain itu panjang pelabuhan 70 meter dan lebarnya enam meter.

“Rencananya Pak Gubernur akan melakukan kunjungan kerja ke Pulau Berhala besok (hari ini,red). Salah satunya adalah terkait rencana pembangunan pelabuhan tersebut,” jelas Aziz.

Berdasarkan tentatib Biro Humas dan Protokoler Pemprov Kepri, Gubernur Kepri dijadwalkan menyambangi Pulau Berhala, Lingga, Kamis (31/3). Adapun agendanya adalah peletakan batu pertama pembangunan Pelabuhan Pulau Berhala. Adapun yang diharapkan dari pembangunan tersebut adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat yang ada di sana.(jpg/bpos)

Respon Anda?

komentar