Peran Ibu Rumah Tangga Dioptimalkan untuk Hasilkan Produk Pangan

548
Pesona Indonesia
Lahan rumah bisa dimanfaatkan oleh kelompok wanita tani untuk menanam sayur dan umbi. foto:net
Lahan rumah bisa dimanfaatkan oleh kelompok wanita tani untuk menanam sayur dan umbi. foto:net

batampos.co.id – Dinas Kelautan Perikanan Pertanian Kehutanan dan Energi (KP2KE) berupaya mengoptimalkan peran ibu rumah tangga di Kota Tanjungpinang untuk menghasilkan produk pangan berbasis sumber daya lokal.

“Sesuai dengan program Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) berbasis sumber daya lokal. Ini upaya untuk menekan inflasi,” ujar Kepala Dinas KP2KE Kota Tanjungpinang, Adnan, Rabu (30/3).

Dikatakan Adnan, para ibu rumah tangga dapat membantu upaya Pemko Tanjungpinang melalui Rumah Pangan Lestari. Rumah Pangan Lestari, dikatakannya merupakan lahan rumah yang bisa dimanfaatkan oleh kelompok wanita tani untuk menanam sayur dan umbi. “Juga tidak menutup kemungkinan merambah ke budidaya lain, seperti lele dan ternak ayam,” ujarnya.

Untuk Kota Tanjungpinang, kata Adnan, telah terbentuk 8 kelompok wanita tani, masing-masing beranggotakan 17 orang.

Dikatakan Adnan, pihaknya tentu memberikan perhatian kepada 17 kelompok wanita tani tersebut. Bentuk perhatian yang diberikan dengan memberikan bantuan berupa uang. Tahun 2015 lalu, dana bantuan yang bersumber dari pemerintah pusat itu diberikan dengan nominal sebesar Rp15 juta per kelompok. Sementara di tahun 2016, setiap kelompok wanita tani memperoleh Rp10 juta.

“Di tahun 2017 nanti, direncanakan mereka akan memperoleh Rp15 juta,” jelasnya.

Adnan berharap, tidak hanya para ibu yang tergabung dalam kelompok tani yang memaksimalkan lahan pekarangan rumah. Melainkan seluruh ibu rumah tangga yang ada di Kota Tanjungpinang. “Karena Ini juga untuk membantu perekonomian keluarga juga,” paparnya. (Lra/bpos)

Respon Anda?

komentar