Target Pengesahan Perda Prioritas Meleset, Hanya Tiga dari Lima yang Diselesaikan

509
Pesona Indonesia
Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Alex Guspeneldi. foto:ist
Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Alex Guspeneldi. foto:ist

batampos.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepri gagal memenuhi target pengesahan lima Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) prioritas untuk disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) pada masa sidang pertama di 2016 ini.

Kelima ranperda prioritas tersebut yakni, perda kearsipan provinsi, perda pelayanan publik, perda revisi pengelolaan dana bergulir, perda pajak dan perda retribusi daerah. Namun seperti yang diberitakan sebelumnya, DPRD Kepri sampai pada penutupan masa sidang pertama hanya mengesahkan tiga ranperda. Sementara dua perda, pajak dan retribusi daerah bahkan tak tersentuh oleh DPRD Kepri.

“Sampai hari penutupan masa sidang pertama, Pemprov Kepri Belum juga mengantar dua ranperda ini. Ini kan sudah komitmen, sudah tanda tangan, itulah yang namanya prolegda. Ditengah jalan ya seperti ini kondisinya, alasannya pemprov tidak siap,” ucap Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Alex Guspeneldi, kemarin.

Menurutnya, saat menetapkan lima ranperda prioritas baik DPRD maupun Pemprov sudah memegang komitmen untuk menyelesaikan kelima ranperda untuk disahkan sebagai perda. Namun ketidaksiapan pemprov, dengan tidak mengantar dua ranperda, pajak dan retribusi daerah berdampak pada kinerja DPRD Kepri.

Alex menambahkan, pada pembahasan ini Pemprov Kepri merupakan pemrakarsa. Dan kedua perda tersebut bukan merupakan produk inisiatif dewan. “Dia (Pemprov Kepri) harus antarkan. Dan
jelas ini akan menggaggu kinerja DPRD, apa yang sudah diterget tidak tercapai. Namun kesalahan ini bukan ada pada DPRD,” paparnya.

Sementara untuk masa sidang kedua, Alex memaparkan Bapemperda juga sudah tetapkan lima prioritas. “Dan ini di luar dua perda yang terlambat. Dua perda yang tertinggal ini bakal dibahas kalau lima prioritas ini selesai. Kalau yang lima ini selesai dan masih ada ruang juga waktu, bisa kami buat addendum berita acara,” terangnya.

Terkait lima ranperda prioritas dalam pembahasan masa sidang kedua mendatang, Alex menuturkan DPRD bakal langsung membahas ranperda RT RW yang berkasnya telah dikantongi Bapemperda DPRD Kepri. (aya/bpos)

Respon Anda?

komentar