TKW Remaja Berhasil Diselamatkan

1684
Pesona Indonesia
TKI Wanita. Foto: istimewa
TKI Wanita. Foto: istimewa

batampos.co.id – Komisi Keadilan, Perdamaian dan Pastoral Migran Perantauan Keuskupan Pangkalpinang (KK2P-MPKP) Kota Batam kembali menyelematkan 13 calon Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang akan dikirim ke negeri Jiran, Malaysia.

Ini merupakan kali kedua, KK2P-MPKP mengamankan TKW setelah sebelumnya di tahun 2014 lalu.

Anggota Dewan Pembina KK2P-MPK Rainhard Pius Simanjuntak menuturkan, pihaknya dibantu intel Polda Kepri menggerebek ke 13 TKW itu saat berada di Perumahan Buana Vista Blok B Nomor 62, Batam Center, Selasa (29/3/2016) malam. Empat orang yang diketahui sebagai penanggungjawab keberadaan TKW langsung diamankan petugas.

“Dua pelaku, Nur dan Mame ditahan, sedangkan Yogi dan Muliyadi dikenai tahanan luar dan wajib lapor,” kata Rainhard, Kamis (31/3/2016).

Penuturan Rainhard, usai diamankan, kini ke 13 calon TKW itu langsung dibawa ke penampungan serba guna Gereja Katolik Santo Petrus Lubukbaja.

Ironisnya, dari 13 calon TKW itu, tiga orang diantaranya diketahui masih dibawah umur. SF, 16 dan MW, 16 berasal dari Sumba dan CH, 17, dari Lombok Nusa Tenggara Barat.

“Tiga orang dibawah umur berasal dari Nusa Tenggara Barat,” tuturnya.

Dari pengakuan para calon TKW, mereka mahu datang ke Malaysia karena diiming-iming pekerjaan yang bagus dan gaji besar. Hal ini yang membuat mereka tergiur untuk menjadi TKI di luar negeri.

“Sejak awal kita sudah dijanjikan gaji dan pekerjaan yang bagus. Siapa sih yang nggak mau,” tutur salah seorang calon TKW. (rng/jpnn)

Respon Anda?

komentar