BC Amankan Ribuan Handphone dari Batam

614
Pesona Indonesia
Kakanwil BC menunjukkan barang bukti ponsel asal Batam yang akan dibawa ke Tembilahan. foto:sandi/batampos
Kakanwil BC menunjukkan barang bukti ponsel asal Batam yang akan dibawa ke Tembilahan. foto:sandi/batampos

batampos.co.id – Jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Khusus Direkorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Tanjungbalai Karimun, berhasil mengamankan 1.717 ponsel berbagai merek yang berasal dari Batam tujuan Tembilahan, Riau Kamis (10/3) dua pekan lalu.

Kepala Kanwil DJBC Parjiya, mengatakan, penangkapan berawal ketika petugas BC melakukan patroli. Saat itu melihat tiga speed boat dengan kecepatan tinggi keluar dari wilayah Batam tujuan ke Riau darat. Speed boat diperkirakan menggunakan dua mesin. Menemukan itu, pihaknya langsung melakukan pengejaran.

”Namun, yang berhasil diamankan hanya satu unit. Itu pun harus dilumpuhkan dengan mengeluarkan tembakan peringatan dan menembak mesinnya hingga mengalami kerusakan,” ujarnya Kamis (31/3).

Setelah diamankan, petugas BC melakukan pemeriksaan terhadap muatan barang dan ditemukan ribuan ponsel yang dikemas menggunakan kotak kardus. Tekong speed boat mengaku bahwa barang tersebut berasal dari Batam dan akan dibawa ke Tembilahan. Namun, bukti bahwa ribuan ponsel tersebut mempunyai dokumen yang resmi tidak ada.

Rincian ponsel yang diamankan yakni smartphone Samsung berbagai tipe 187 unit. Kemudian, Lenovo berbagai jenis ada 400 unit, Apple iPhone ada 70 unit dan merek Asus berbagai tipe 1.060 unit.

”Ponsel yang diamankan ini ada yang baru dan ada yang rekondisi dan nilai barangnya mencapai Rp 4.122.700.000 dan untuk perkiraan kerugian negara mencapai Rp 412.270.000,’’ ungkapnya.

Dikatakan Parjiya, selain ponsel juga ditemukan aksesoris ponsel yang jumlahnya sebanyak 1.649 unit dengan perkiraan nilai barang sebesar Rp 355.565.000 dan potensi kerugian negara akibat tidak dibayarnya PPN 10 persen mencapai Rp 35.556.500. ***

Respon Anda?

komentar