BPJS Kesehatan Tambah Kerjasama dengan 1 Rumah Sakit dan 3 Klinik Utama

2949
Pesona Indonesia
Warga mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan di kantor BPJS Kesehatan, Batam Kota. Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos
Warga mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan di kantor BPJS Kesehatan, Batam Kota.
Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos

batampos.co.id – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menambah kerjasama dengan satu rumah sakit dan tiga klinik utama. Yakni, RS Graha Hermine, Klinik Utama Dunia Medical Centre, Klinik Utama Sano Medika, dan Klinik Utama Asih. Mulai bulan ini, keempatnya sudah dapat melayani pasien rujukan anggota BPJS Kesehatan.

“Pelayanan yang diberikan pelayanan rujukan. Klinik utama itu setara dengan Rumah Sakit Kelas D,” kata Kepala Unit Hukum Komunikasi Publik dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Utama Batam, Irfan Rachmadi.

Keempatnya berlokasi di wilayah padat penduduk. RS Graha Hermine dan Klinik Utama Dunia Medical Centre berada di Kecamatan Batuaji, Klinik Utama Sano Medika berada di Kecamatan Sagulung, dan Klinik Utama Asih berlokasi di Kecamatan Sekupang. Irfan mengatakan, jumlah peserta di Kecamatan Batuaji dan Sagulung terbanyak dibanding kecamatan-kecamatan lainnya.

“Khusus untuk wilayah Sekupang, bergabungnya Klinik Utama Asih dengan BPJS Kesehatan tentu akan meningkatkan akses pelayanan peserta. Biasanya, peserta di wilayah Sekupang, dirujuk ke RS Otorita Batam atau RS Awal Bros,” ujarnya.

RS Graha Hermine memiliki pelayanan dasar dan spesialistik yang cukup lengkap. Serta, pelayanan perawatan kritis memadai. Sementara Klinik Utama Dunia Medical Centre memiliki poli spesialis penyakit dalam, poli kandungan, dan poli anak. Dan Klinik Utama Sano Medika memiliki poli penyakit dalam, poli anak, dan poli paru.

“(Sedangkan) Klinik Utama Asih dilengkapi dengan poli kandungan, poli anak, dan poli bedah,” kata Irfan lagi.

Sebelumnya, BPJS Kesehatan Cabang Utama Batam telah bekerja-sama dengan sembilan rumah sakit di Batam. Yakni, RS Camatha Sahidya, RS Harapan Bunda, RSIA Mutiara Aini, dan RS St. Elisabeth. Juga RS Charis Medika, RS Otorita Batam, RS Budi Kemuliaan, RSUD Embung Fatimah, dan RS Awal Bros.

Sementara untuk fasilitas kesehatan pratama, BPJS Kesehatan Cabang Utama Batam telah bekerja-sama dengan 17 Puskesmas dan 73 Klinik Pratama. Dari 73 klinik pratama tersebut, baru sembilan klinik yang buka 24 jam. Yaitu, Klinik Budi Rosari – Bengkong, Klinik Alam Sehat – Batuaji, Klinik Harapan Kita Group, Klinik BIP, Klinik Raja Labora, Klinik Medika Panbil, Klinik Ulido, Klinik Buah Hati Medika, dan Klinik Genta Medical Centre – Batuaji.

“Saat ini, jumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) maupun pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Batam mencapai 65 persen dari total penduduk Batam 1,2 juta,” ujarnya. (ceu)

Respon Anda?

komentar