Sejumlah Ninik Mamak Nyatakan Dukung Muhammad Aming

1084
Pesona Indonesia
Pertemuan Muhammad Amin dengan puluhan ninik mamak itu digelar pada Senin (28/3) malam di Pekanbaru. Sebagai bentuk dukungan, perwakilan ninik membacakan surat dukungan untuk Muhammad Amin sebagai Balon Bupati Kampar.-Riau Foto Molli / Riau Pos /JPG
Pertemuan Muhammad Amin dengan puluhan ninik mamak itu digelar pada Senin (28/3) malam di Pekanbaru.
Sebagai bentuk dukungan, perwakilan ninik membacakan surat dukungan untuk Muhammad Amin sebagai Balon Bupati Kampar, Riau. Foto Molli / Riau Pos /JPG

batampos.co.id – Sejumlah ninik mamak di Kabupaten Kampar memberikan dukungan kepada Muhammad Amin SAg MH maju sebagai bakal calon (balon) Bupati Kampar pada pemilihan kepala daerah (Pemilukada) Kampar tahun 2017.

Dukungan itu disampaikan pada pertemuan puluhan ninik mamak dengan Amin di Pekanbaru pada Senin malam (28/3) lalu. Dukungan dituangkan dalam surat pernyataan yang dibacakan dalam pertemuan tersebut.

Hadir dalam pertemuan tersebut diantaranya Suhaili Husin Datuok Mudo dari Tapung, H Donald Althin Datuok Majo Kayo dari Koto Kampar Hulu, Nasrul Datuok Rajo Dubalai dari XIII Koto Kampar, Ahmad Yusri,SH Panglimo Mudo Siak Hulu, H Dahlan Datuok Paduko Rajo, Muhanip Datuok Paduko Rajo, Fauzi Datuok Majolelo, Zainal Datuok Bosau, Hairman Datuok Jalanso, Syofian, Rasidin, Anto P dan lainnya.

Dalam pertemuan tersebut puluhan ninik mamak membahas tentang adat istiadat di Kabupaten Kampar dan meminta kepada kemenakan yang akan maju sebagai Balon Bupati Kampar Muhammad Amin memperhatikan adat istiadat di Kabupaten Kampar.

Menanggapi permintaan ninik mamak, Muhammad Amin dalam diskusi tersebut menyampaikan bahwa adat istiadat di Kampar mesti mendapat perhatian karena yang mempunyai kenegerian ini adalah ninik mamak, maka seorang bupati juga harus memperhatikan ninik mamak. Amin berjanji akan memberdayakan ninik mamak dan menjaga adat istiadat di Kampar.

Amin juga membuat surat pernyataan yang berisi tentang komitmennya terhadap para ninik mamak. Pernyataan Muhammad Amin ditandatangani di atas materai 6000 dan ditanda tangan oleh saksi Suhaili Husin Datuok Mudo, Donald Althin Datuok Majo Kayo dan Nasrul Datuok Rajo Dubalai.

Pada kesempatan terpisah, Ketua Lembaga Adat Kampar (LAK) Kampar H Sartuni Datuk Paduko Majo didampingi Khaidir Yahya Datuk Paduko Ulak kepada Riau Pos mengatakan bahwa sikap dari sejumlah ninik mamak yang mendukung balon Bupati tertentu merupakan sikap pribadi masing-masing dan bukanlah merupakan sikap lembaga.

“Kalau lembaga adat tidak boleh berpihak kepada siapapun. Lembaga adat Kampar harus netral. Jika ada ninik mamak yang mendukung balon tertentu, maka itu sikap pribadi masing-masing,’’tegasnya.(RPG)

Respon Anda?

komentar