Soal UN Dikawal Polisi Bersenjata Laras Panjang

823
Pesona Indonesia
Polisi dan Diknas sedang melakukan pengamanan soal UN SLTA di Polres Karimun. foto:sandi/karimun
Polisi dan Diknas sedang melakukan pengamanan soal UN SLTA di Polres Karimun. foto:sandi/karimun

batampos.co.id – Soal-soal ujian nasional (UN) untuk tingklat SLTA sederajat untuk Kabupaten Karimun, tiba di Tanjungbalai Karimun dengan pengawalan anggota Polda Kepri yang menggunakan senjata laras panjang untuk menjamin soal tersebut aman sampai ke tujuan, Kamis (31/3).

”Sesuai dengan prosedur, soal UN merupakan dokumen negara. Untuk itu, pengiriman sola-soal tersebut harus mendapatkan pengawalan dari anggota polisi sampai ke tujuan. Kemudian, sebelum dan selama pelaksanaan ujian, soal UN disimpan di Mapolres Karimun dan juga di Polsek untuk SLTA yang ada di luar Pulau Karimun,” ujar kabag Ops Polres Karimun, Kompol M Chaidir.

Seperti biasanya, lanjut Chaidir, kunci penyimpanan soal UN itu dipegang oleh polisi dan Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Karimun. Hal ini untuk menghindari terjadinya kebocoran soal UN. Gudang tempat penyimpanan soal UN hanya bisa dibuka jika pemegang kuncinya saja. Lalu, soal-soal UN hanya akan diambil pada saat ujian akan dilaksanakan dan juga didistribusikan ke pulau-pulau.

Sekretaris Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Karimun, Bakri Hasyim secara terpisah menyebutkan, jumlah keseluruhan soal UN yang tiba sebanyak 50 koli, termasuk soal UU untuk peserta ujian susulan. ”UN SLTA sederajat tahun ini akan akan diikuti 2.933 orang pelajar yang berasal dari 32 sekolah. Termasuk dua sekolah luar biasa (SLB),” ungkapnya.

Dikatakannya, untuk pendistribusian soal UN yang ada di Pulau Karimun akan dilakukan Sabtu (2/4) dan tetap mendapatkan pengawasan dan pengawalan dari polisi dan pihak Diknas. Kemudian, pada tahun ini juga ada tiga SLTA sederajat yang melaksanakan ujian dengan menggunakan komputer. Yakni, SMK Yaspika dan SMA Vidya Sasana di Tanjungbalai Karimun. Dan satu lagi, SMK Budi Mulya yang ada di Pulau Kundur. (san/bpos)

Respon Anda?

komentar