Universiti Teknologi Malaysia Sediakan 30 Kursi untuk Anak Kepri

826
Pesona Indonesia
Universiti Teknologi Malaysia, Skudai, Johor, Malaysia. Foto: dok. UTM
Kampus Universiti Teknologi Malaysia, Skudai, Johor, Malaysia. Foto: dok. UTM

batampos.co.id – Universiti Teknologi Malaysia (UTM) masih menyediakan bangku kuliah bagi putra-putri Kepulauan Riau yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan di sana. Terutama untuk jenjang Strata 1 (S1).

“Kami sebenarnya tidak memiliki target khusus. Tapi 20 – 30 kursi itu pasti ada,” kata Presiden UTM, Wahid Bin Omar.

Total mahasiswa UTM saat ini mencapai 22.000 orang. Tiga ratus di antaranya berkebangsaan Indonesia. Sepertiga jumlah itu berasal dari wilayah Kepulauan Riau. Jumlah itu sudah termasuk mahasiswa jenjang S2 dan S3.

Wahid mengatakan, mahasiswa UTM berasal dari 80 negara di dunia. Tahun lalu, mereka menerima 3.000 mahasiswa asing atau yang biasa mereka sebut dengan mahasiswa antar-bangsa. Tahun ini, target mereka bertambah.

“Dulu kami sempat menyentuh angka 4.000 untuk mahasiswa antar-bangsa. Tahun ini, kami juga ingin sampai angka itu,” ujarnya lagi.

UTM memiliki 19 fakultas yang terbagi dalam bidang teknik, ilmu sosial, dan manajemen. Proses pembelajaran berlangsung di dua kampus. Kampus utama berlokasi di Johor Bahru. Kampus lainnya berlokasi di Kuala Lumpur.

Direktur Divisi Penerimaan dan Pendaftaran Mahasiswa UTM, Othman Che Puan, mengatakan, UTM memiliki satu keunggulan bagi masyarakat Kepri. Yakni, lokasi kampus yang tidak jauh dari Kepri. Mahasiswa cukup menyeberang dengan menggunakan kapal feri yang tersedia setiap jam.

“Bahkan lebih dekat ke Johor daripada ke Jakarta atau Bandung. Itu sudah dapat kuliah internasional,” ujarnya.

Kepri memang diuntungkan dengan lokasi strategis ini. Namun demikian, UTM tetap menyediakan fasilitas tambahan seperti asrama. Mahasiswa jenjang S1 UTM diwajibkan tinggal asrama.

“Kalau ada yang jenjang S3 dan mau bawa keluarga pun, kami bisa membantu mencari penginapan,” tambah Othman Che Puan. (ceu/bp)

Respon Anda?

komentar