Kepri Harus Berbenah Tingkatkan Pelayanan Pariwisata

698
Pesona Indonesia
yacht-cruisetolingga
Peserta wisata layar sail dengan perahu-perahu Yatch nya yang singgah di Pulau Sekeiling, Lingga. foto:hasbi

batampos.co.id – Menjadi destinasi wisata unggulan dan penyumbang wisatawan mancanegara terbesar ketiga, Provinsi Kepri diharapkan dapat menangkap peluang tersebut, guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi.

”Jadi kita harus, mampu mendorong tumbuh dan berkembangnya usaha dan jasa pariwisata di daerah ini dengan banyak berbenah di pelayanan,” tutur Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Guntur Sakti, kemarin.

Guntur memaparkan, pemerintah daerah daerah memberikan insentif pembenahan dalam hal ini. Berupa regulasi. Sehingga memberikan peluang kepada para pengusaha di bidang pariwisata agar bisa melakukan investasinya secara mudah.

Yang kedua, pelayanan perizinan yang ramping dan lebih mudah dan bagus. ”Jika perlu orang tidak mendatangi kantor bolak balik” sambung Guntur.

PTSP di daerah saat ini, dipusatkan di satu tempat. Meski demikian, Guntur memaparkan sudah selayaknya kabupaten/kota di Kepri sudah menyiapkan aplikasi berbasis website.

”Ketika PTSP di daerah telah menyiapkan aplikasi berbasis web, maka para pelaku usaha wisata tanpa perlu mwndatangi kantor PTSP, sudah bisa entry berbagai formulir yang diwajibkan untuk diisi,” terang Guntur.

Sehingga, lanjut Guntur, transaksi perkantoran itu bukan tidak ada, tapi tergantikan dengan e-perizinan. Menurut Guntur, kebutuhan pelayanan berbasis internet memang telah menjadi tuntutan zaman di era digital.

Adanya kondisi ini, kata Guntur, harus direspon juga oleh PTSP daerah. Agar mekanisme pelayanan sudah berbasis digital.

”Yachter dari luar negeri sebelum masuk Indonesia saja mengurusnya izin masuk dan lain-lainnya secara online. Apalagi di daerah, PTSP daerah juga sudah boleh mengadaptasi cara ini. Untuk mempermudah pelayanan secara online atau berbasis aplikasi web,” tutup Guntur. (aya/bpos)

Respon Anda?

komentar