Hanya Sebulan sudah 53 Kebakaran Lahan di Natuna

749
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Kepala Seksi (Kasi) Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Natuna El Kadar, mengatakan, musim kemarau Maret lalu sudah banyak terjadi kebakaran. Damkar Natuna mencatat, sepanjang Maret telah terjadi kebakaran lahan sebanyak 53 lokasi di beberapa wilayah di Kecamatan Bunguran.
Jumlah tersebut, kata El Kadar, sangat meningkat dibanding sejak Januari hingga Februari yang hanya 6 terjadi kebakaran lahan.

”Bulan Maret itu sangat luar biasa untuk kebakaran lahan. Ada 53 peristiwa kebakaran. Hampir setiap hari ada kebakaran lahan, dan tidak hanya terjadi di satu lokasi, bisa dua atau tiga lokasi,” ungkap El Kadar.

Dikatakan El Kadar, akibat peristiwa luar biasa tersebut banyak warga yang dirugikan. Kerugian tersebut diakibatkan banyak lahan perkebunan warga yang hangus terbakar, di antara kebun karet, cengkeh, dan tanaman palawija lainnya.

Menurut El Kadar, jika kondisi kemarau terus terjadi, maka bukan tidak mungkin titik api akan terus bertambah, karena banyak lahan tidur maupun perkebunan warga yang mengalami kekeringan, sehingga mudah terbakar.

Untuk mengantisipasi hal itu lanjut El Lakdar, pihaknya sudah mengeluarkan edaran terkait cuaca panas kepada masyarakat melalui RT, RW, pemerintahan desa, dan kelurahan.

”Kami mohon masyarakat tidak membakar lahan dengan alasan apapun. Ini demi kepentingan kita bersama. Karena akhir-akhir ini, kebakaran lahan sudah tidak bisa terkontrol lagi,” imbaunya. (arn/bpos)

Respon Anda?

komentar