Tempati Posisi Terakhir tapi Rio Haryanto Puas

966
Pesona Indonesia
Rio Haryanto. Foto: istimewa
Rio Haryanto. Foto: istimewa

batampos.co.id – Rio Haryanto menempati posisi terakhir pada latihan bebas hari pertama GP Bahrain.

Meski demikian Rio puas. Ia berhasil mencapai target jam terbang sebanyak-banyaknya di atas mobil MRT05 bisa dipenuhi.

Total 60 lap berhasil diselesaikannya dalam dua sesi 90 menit. Sepanjang sesi latihan kemarin pembalap Manor Racing tersebut memaksimalkan penggunaan ban medium, kompon paling keras dari tiga pilihan ban yang tersedia untuk GP Bahrain.

Waktu tercepatnya 1 menit 34 detik memang diraihnya dengan ban soft. Namun baik Rio dan rekan setimnya Pascal Wehrlein sama sekali belum memasang ban super soft, kompon paling lunak sekaligus paling cepat yang disediakan.

Itu berbeda dengan mayoritas pembalap tim-tim besar yang meraih waktu terbaiknya dengan ban berpelipit warna merah itu. Rio senang karena timnya mampu mempersingkat jarak dengan pembalap-pembalap tim papan tengah.

Dibandungkan sesi siang, jarak waktu Rio dengan pembalap tercepat Nico Rosberg (Merxedes) memang menyusut dari 5 menjadi 3 detik.

Sedangkan dengan pembalap-pembalap papan tengah terpaut sekitar satu detik saja.

‘Kami menjajal banyak hal di mobil saya dan aku rasa kami tidak pernah sebegitu dekat (dengan pembalap papan tengah) seperti hari ini sebelumnya,” aku Rio dilansir Formulaspy.

Menurutnya masih ada ruang bagi timnya untuk tampil lebih baik lagi di sesi latihan ketiga dan kualifikasi hari ini.

Ditanya soal peluang Manor bisa bersaing dengan tim lain seperti Renault, Rio tak ingin berspekulasi. ”Masih terlalu dini untuk menilai itu.

Kami sudah menunjukkan kami bisa cepat dengan bahan bakar sedikit. Tapi aku rasa mereka juga sama,” tambahnya.

Rio mengakui masalah yang masih dihadapinya adalah degradasi ban yang cepat ketika menggunakan ban medium. Itu pula yang dirasakan rekan setimnya Wehrlein di balapan GP Australia lalu.

”Tapi dengan ban soft degradasinya tidak terlalu buruk,” paparnya.

Hanya Manor-Mercedes dan Sauber-Ferrari yang belum menggunakan ban super soft pada latihan hari pertama kemarin.

Di latihan ketiga hari ini kemungkinan besar mereka akan menjajal ban tersebut untuk melakukan simulasi kualifikasi yang tetap menggunakan format eliminasi cepat. (cak/JPG)

Respon Anda?

komentar