Golkar Kampar Mulai Senin Buka Pendaftaran Balon Bupati

754
Pesona Indonesia
Tim Penjaringan Balon Bupati dan Wabup Kampar DPD Golkar  Kampar,Ketua Syafi'i, Wakil Ketua Muhammad Salis, SH, MH, Sekretaris Repol,S.Ag, anggota Emil Budiono SH, Agus Candra,S.IP, H Azaidun, SH dan Hj Hermiati, ketika memberikan keterangan pers, Jumat (1/4).
Tim Penjaringan Balon Bupati dan Wabup Kampar DPD Golkar Kampar,Ketua Syafi’i, Wakil Ketua Muhammad Salis, SH, MH, Sekretaris Repol,S.Ag, anggota Emil Budiono SH, Agus Candra,S.IP, H Azaidun, SH dan Hj Hermiati, ketika memberikan keterangan pers, Jumat (1/4).

batampos.co.id – Pertanyaan publik tentang pendaftaran bakal calon (balon) Bupati dan Wabup Kampar di Partai Golkar akhirnya terjawab. Direncanakan mulai Senin (4/4) mendatang, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Kabupaten Kampar membuka pendaftaran.

Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Pilkada tahun 2017 DPD Partai Golkar Kabupaten Kampar Balon Bupati/Wabup Kampar Periode 2017-2022 Syafi’i Samosir dalam konferensi pers di Aula DPD II Golkar Kampar, seperti dikutip dari Riau Pos (Jawa Pos Group), Minggu.

Penjaringan dilaksanakan berdasarkan Juklak No 1 Tahun 2016 dan surat dari DPP Partai Golkar Nomor B-295/Golkar/2016, Perihal penjaringan calon Kepala daerah dari Partai Golkar pada Pilkada serentak gelombang II tahun 2017 yang ditindaklanjuti dengan SK Ketua DPD II Partai Golkar tentang penunjukan Tim Penjaringan Balon Bupati/Wabup Kampar tahun 2017.

Juklak dan surat dari DPP itu diterima Kamis (24/3) lalu dan ditindaklanjuti dengan pembentukan tim penjaringan pada Senin (28/3). Tim Penjaringan yang ditunjuk dipimpin Ketua Syafi’i, Wakil Ketua Muhammad Salis SH MH, Sekretaris Repol SAg, anggota Emil Budiono SH, Agus Candra SIP, H Azaidun, SH dan Hj Hermiati.

Adapun tahapan penjaringan pada 4 sampai dengan 8 April 2016 pukul 09.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB pengambilan formulir Balon Bupati dan Wakil Bupati sekaligus pendaftaran dan pengembalian formulir Balon Bupati/Wabup Kampar. Selanjutnya 9 sampai dengan 10 April 2016, pukul 09.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB wawancara Balon Bupati/Wabup Kampar yang telah mendaftarkan diri.

Pada 11 April 2016 dilakukan rapat teknis dan menyurati Balon Bupati/Wabup Kampar yang akan menyampaikan visi misi pada pleno diperluas DPD Partai Golkar Kabupaten Kampar.

Pada 12 April 2016 akan dilakukan tiga agenda yakni rapat pleno diperluas DPD Partai Golkar Kampar, penyampaian visi misi Balon Bupati/Wabup Kampar dan pengesahan Balon Bupati/Wabup Kampar.

Ketua Tim Penjaringan Bupati/Wabup Kampar DPD II Partai Golkar Kampar Syafi’i mengatakan bahwa formulir dapat diambil oleh tim atau orang yang dipercayai Balon Bupati/Wabup Kampar. Hanya saja untuk pengembalian tidak bisa diwakilkan.

Syafii alias Opung menungkapkan bahwa Golkar terbuka bagi kader internal maupun dari eksternal partai dalam penjaringan calon kepala daerah pada Pilkada 2017 nanti. Partai Golkar juga memperhatikan suara dari akar rumput yang disampaikan pengurus kecamatan.

“Kita sudah inventarisasi di DPD II untuk nama-nama yang masuk dalam tim dan kami minta nama-nama itu untuk mengikuti proses. Barangkali nama sudah dan akan diproses sesuai dengan Juklak yang ditetapkan DPP,” ucapnya.

Tim Penjaringan di DPD II hanya melaksanakan sebuah proses dan tahapan, dari sekian banyak Balon dan seluruh tokoh masyarakat baik internal dan eksternal maka akan dijaring melalui tim.

Syafi’i juga menegaskan bahwa pengurus DPD II Golkar Kampar sudah kondusif hingga ke DPP dan ia menegaskan tak ada lagi kubu Abu Rizal Bakrie dan Agung Laksono. Hasil tim penjaringan ini juga dijamin akan berlanjut sampai pada pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kampar serta tak bakal ada perombakan pasca musyawarah nasional (Munas) Partai Golkar dalam waktu dekat.

Sekretaris Panitia Penjaringan Repol menambahkan mekanisme penjaringan Bupati/Wabup Kampar di DPD II Partai Golkar Kampar berakhir dengan akan adanya pleno diperluas. Siapa yang akan diutus, diputuskan dalam rapat pleno dimulai penyampaian visi misi dulu. Pleno diperluas dihadiri pengurus DPD I, DPD II, PK, organisasi sayap, organisasi didirikan, organisasi mendirikan, badan dan lembaga.

Dalam Juklak itu pleno memutuskan sedikitnya 5 orang dan sebanyak-banyaknya 10 orang nama Balon Bupati/Wabup Kampar yang disahkan dalam pleno diperluas. Selanjutnya nama-nama tersebut disampaikan ke pengurus DPD I Partai Golkar. DPD I kemudian memutuskan sekurang-kurangnya 3 dan sebanyak-banyaknya 5 nama Balon Bupati/Wabup Kampar ke pengurus DPP Partai Golkar.(JPG)

Respon Anda?

komentar