Anambas Siap Raih Kembali Prestasi pada Lomba Desa

797
Pesona Indonesia
Tarempa, Anambas.
Tarempa, Anambas.

batampos.co.id – Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Eko Suntarso mengungkapkan pelaksanaan lomba desa tahun ini dilaksanakan secara singkat. Jeda waktu antara lomba dari tingkat desa, kabupaten hingga provinsi bahkan tingkat nasional itu hanya sebulan.

Namanya juga berubah, sebelumnya lomba desa sekarang menjadi evaluasi perkembangan desa.”Tingkat kecamatan itu April, disusul tingkat Kabupaten Mei dan tingkat provinsi itu Juni, sedangkan tingkat regional itu bulan Juli dan tingkat nasional setelahnya,” kata Eko Minggu, (3/4)

Untuk lomba desa ini Anambas cukup berprestasi. Hal ini terlihat dalam lima tahun terakhir dua desa di Anambas juara 1 lomba provinsi yakni Desa Genting Pulur dan Desa Piasan yang menoreh tinta emas pada tahun 2015 silam. “Jarang sekali terjadi hal ini, bahkan kedua desa ini kadesnya diundang langsung ke Istana,” jelasnya.

Untuk penentuan pemenang, sambung Eko, pihaknya akan sangat selektif sekali, karena pemenangnya akan mewakili Anambas di lomba tingkat provinsi nanti. “Kita juga menargetkan desa pemenang nanti dapat kembali menjuarai di tingkat provinsi lalu kembali mewakili Kepri di lomba tingkat regional sumatra, dan jadi pemenang,” tegasnya.

Eko menyampaikan, Anambas memiliki tradisi dalam pemilihan desa terbaik yang pernah diadakan. Sejak tahun 1971 ketika Anambas masih tergabung dalam Kabupaten Kepri, desa di daerah ini telah mampu menjadi juara.

Secara berturut-turut, desa di Anambas mendapatkan juara pada tahun 1971, 1982, 1985, tahun 1996, lalu. Pada tahun 2009 sejak berpisah dari kabupaten induk Natuna, Desa Rewak menjadi juara satu lomba desa P3DK. Pada tahun 2010 Desa Tarempa Barat mendapatkan juara pertama program PNPM Unit Pelaksana Kegiatan (UPK), dan pada tahun 2011 lalu Desa Telaga Besar mendapatkan juara III. Kemudian 2012 Desa Genting pulur mendapatkan juara pertam tingkat provinsi mewakili Anambas di tingkat nasional.

Seperti diketahui dalam penilaian lomba desa terdapat beberapa indikator penilaian mulai dari penilaian bidang 10 program PKK, pendidikan, kesehatan Koperasi, profil desa, partisipasi masyarakat yang masing-masing ada item-item lainnya.(sya/bpos)

Respon Anda?

komentar