Calon Kades Boleh dari PNS dan TNI, Tapi Harus Bebas Narkoba

1417
Pesona Indonesia

pilkadesbatampos.co.id – Berdasarkan ketetapan panitia pendaftaran calon kepala desa di wilayah Kecamatan Moro, dan Kecamatan Durai, segera dilakukan ujian tertulis sekaligus uji kemampuan dalam menyampaikan visi dan misi. Kemudian pelaksanaan pemilihan Kepala Desa akan diselenggarakan pada Mei mendatang.

Untuk itu, masing masing calon Kepala Desa yang ikut dalam Pilkades, harus mengikuti aturan berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 33 tahun 2015, bahwa para calon harus berbadan sehat dan bebas dari narkoba. Jadi calon kades harus bisa melampirkan surat keterangan dari dinkes.

“Itu termasuk syarat yang paling penting. Karena mengingat belakangan ini marak kasus narkoba,” jelas Kasi Pemerintahan Kecamatan Moro, Budimin.

Selain itu, calon Pilkades terdaftar sebagai penduduk dan bertempat tinggal di desa setempat paling kurang 1 tahun sebelum pendaftaran. Yang lebih menarik lagi adalah dari unsur PNS, TNI/Polri diperbolehkan ikut jadi calon Pilkades tersebut.

“Tentu dengan catatan bagi yang bersangkutan harus bisa menunjukkan surat rekomendasi dari atasannya masing masing,” imbuhnya.

Oleh karena itu, sambung Budimin lagi, para calon Pilkades yang bersangkutan diharapkan dapat memenuhi persyaratan aturan tersebut. Tentu dengan harapan diminta kepada panitia pelaksana Pilkades masing masing perdesaan supaya mematuhi aturan Perbup tersebut demi ketertiban dan rasa nyaman dalam pelaksanaan Pilkades itu nantinya.

“Untuk saat ini pendaftaran calon kades sudah tutup dan hanya tinggal penetapan siapa yang lolos mengikuti pilkades tersebut nantinya,” kata Budimin. (pst/bpos)

Respon Anda?

komentar