Kerjakan Soal UN dengan Jujur

372
Pesona Indonesia
Suasana Ujian Nasional di salah satu sekolah tahun lalu. Foto: istimewa
Suasana Ujian Nasional di salah satu sekolah tahun lalu. Foto: istimewa

batampos.co.id – Sebanyak 2807 siswa tingkat SMA/SMK di Kota Tanjungpinang mengikuti Ujian Nasional (UN) hari ini, Senin (4/4).

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tanjungpinang, HZ Dadang Abdul Gani lantas mengimbau kepada seluruh siswa yang akan melaksanakan ujian untuk serius dan belajar dengan giat, serta mengesampingkan kegiatan lain selama masa ujian.

“Anak-anak diminta fokus, baik yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Pensil dan Kertas (UNPK), maupun Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK),” ujar Dadang, Minggu (3/4).

Dalam pelaksanaan UN, Dadang juga meminta para siswa untuk mengerjakan soal dengan jujur. “Prestasi penting, tapi kejujuran harus diutamakan,” tuturnya.

Kendati nilai UN tidak menjadi dasar kelulusan, Dadang tetap meminta para siswa serius. Sebab, nilai UN menjadi acuan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. “Pemetaan mutu pendidikan juga berdasarkan nilai UN,” ujarnya.

Dadang juga mengatakan, secara teknis persiapan telah 100 persen. Baik dari sekolah peserta UNPK maupun UNBK. Tahun 2016 ini, sebanyak 10 SMA/SMK melaksanakan UNBK.

“Setiap tahun kami akan mengajukan penambahan sekolah untuk melaksanakan UNBK,” ujarnya.

Terkait kondisi listrik, Dadang mengatakan pihak PLN Area Tanjungpinang telah memberi jaminan tidak akan melakukan pemadaman listrik. “Untuk listrik aman. Soal-soal juga sudah aman,” ujarnya. (Lra/bpos)

Respon Anda?

komentar