Lukman Edy dan Masyarakat Sepakat Ingin Pemekaran Rumbai

495
Pesona Indonesia
Lukman Edi. Foto: RiauPos/RPG
Lukman Edi. Foto: RiauPos/RPG

batampos.co.id – Wakil Ketua Komisi II DPR RI Lukman Edy agaknya cukup serius menanggapi permintaan warga untuk memekarkan wilayah Kecamatan Rumbai dan Rumbai Pesisir menjadi wilayah otonom baru. Keseriusan itu dibuktikannya dengan memenuhi undangan masyarakat di kediaman salah seorang tokoh masyarakat Rumbai Buya Afrizal, Jumat (1/4) malam.

Tidak hanya Lukman Edi, dalam kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Riau Abdul Wahid. Pembicaraan malam itu setidaknya melahirkan 4 Point penting yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat perihal pemekaran wilayah Rumbai.

Yang pertama ialah pemekaran wilayah Rumbai, Rumbai Pesisir, Minas, Tualang dan Kandis harus tetap dilaksanakan. Kedua, dari hasil pertemuan tersebut Luman Edi akan meminta tim kajian akademik langsung utusan Kementrian Dalam Negri (Kemendagri).

Persoalan anggaran pembiayaan upaya pemekaran wilayah tersebut nantinya akan ditanggung oleh Pemerintah Provinsi melalui DPRD Provinsi.

Yang terakhir setiap Desa atau Kelurahan di masing-masing Kecamatan yang akan dimekarkan dimintak untuk membentuk tim atau panitia pemekaran. Demikian disampaikan oleh Ketua Forum Pemuda Rumbai Bersatu (FPRB) Ali Syahbana kepada Riau Pos (Riau Pos Group), Minggu (3/4).

Ia menambahkan, berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Riau yang telah di sahkan di DPRD Provinsi wilayah Riau yang sebelumnya memiliki 12 Kabupaten Kota akan dijadikan sebanyak 21 Kabupaten Kota.

“Salah satunya adalah Rumbai,”pungkasnya. Menurutnya, dengan dihadiri oleh para tokoh masyarakat masing-masing daerah pada malam tersebut menandakan secara keseluruhan masyarakat menginginkan pemekaran.(RPG)

Respon Anda?

komentar