Pemda Karimun Kucurkan Dana Pilkades Rp 18 Juta Per Desa

768
Pesona Indonesia

pilkadesbatampos.co.id – Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun, telah mengucurkan dana bantuan sebesar Rp18 juta per Desa untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak untuk 29 Desa pada bulan Mei mendatang dari 42 Desa se Kabupaten Karimun.

”Benar, total keseluruhannya mencapai Rp 522 Juta untuk 29 desa, yang bersumber dari dana APBD 2016 Karimun,” jelas Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Kabupaten Karimun Dwiyandri Kurniawan, di Tanjungbalai Karimun, Minggu (3/4).

Sedangkan, tahapan awal sudah dimulai pada bulan Maret lalu dengan pembentukan panitia, sekretariat, penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS) hingga Daftar Pemilihan Tetap (DPT) di setiap Desa yang akan melaksanakan Pilkades. Begitu juga tahapan pencalonan mulai dari penjaringan pendaftaran, proses pendaftaran bakal calon sedang berjalan pada bulan April ini.

”Ya seperti pelaksanaan Pilkada, ada tahapan-tahapan yang harus dilalui. Sehingga, Pilkades ini diharapkan menghasilkan pemimpin yang berkwalitas sesuai kehendak masyarakat desa itu sendiri,” tuturnya.

Dan hari ini, Senin (4/4), sudah mulai tahapan ujin kompetensi terhadap bakal calon Kepala Desa. Untuk sementara yang ikut bakal calon Kepala Desa mencapai 105 orang dari 29 Desa, khusus di pulau Kundur yang ada 18 desa di 5 kecamatan yang akan mengikuti uji kopetensi sudah mendaftar mencapai 65 orang.

Jadi bakal calon Kades harus ikuti tahapan semua. Artinya, Pemda Karimun hanya fasilitasi semuanya tergantung masyarakat Desa itu siapa yang akan dipilih menjadi Kepala Desa untuk 6 tahun mendatang.

Perlu diingat, kata Dwiyandri lagi, Kepala Desa nantinya akan mengelola Dana Desa (DD) yang mencapai Rp1 miliar di setiap desa. Sehingga, tanggungjawabnya cukup besar bagaimana memanfaatkan DD tersebut untuk kemaslahatan umatnya.

”Kades sangat bertanggungjawab mau dibawa kemana Desa itu. Apalagi, wilayah kita berbatasan langsung dengan negara tetangga,” pesannya lagi.(tri/bpos)

Respon Anda?

komentar