Pemda Tetapkan Harga Bensin Rp 13.500 Perbotol, Pedagang Jual Rp15 Ribu

483
Pesona Indonesia
Bensin eceran langka di Anambas. foto:jpnn
Bensin eceran. foto:jpnn

batampos.co.id – Harga bensin eceran di Kabupaten Kepulauan Anambas saat ini sudah disesuaikan mengingat harga bensin secara nasional mengalami penurunan dari Rp 6.650 menjadi Rp 6.450 per liter. Penyesuaian harga dilakukan pada Jumat (1/4) saat perubahan secara nasional diberlakukan.

Namun penyesuaian harga di Kabupaten Kepulauan Anambas berbeda dengan daerah lain. Di Anambas tidak ada penjualan bensin eceran per liter tapi bensin dijual eceran dengan menggunakan botol aqua volume 1,5 liter.

Pada saat harga bensin secara nasional adalah Rp 6.650, harga bensin eceran di Anambas adalah Rp14.500 hingga Rp15 ribu per botol. Jadi kini menjadi Rp 13.500 per botol yang sudah ditetapkan oleh pemerintah daerah.

Tetapi sayangnya, pengecer banyak yang tidak mematuhi ketetapan pemerintah daerah yang sudah menetapkan harga Rp 13.500. Saat ini justru pengecer masih menjual dengan harga Rp14ribu per botol. Bahakan ada pedagang eceran bermunculan dengan menjual bensin seharga Rp15 ribu per botol.

“Kita sudah menetapkan harga penyesuaian yakni Rp 13.500 perbotol. Tapi masih akan kita evaluasi lagi karena pihak pedagang eceran belum sempat diundang,” ungkap Plt Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Kepulauan Anambas Yunizar kemarin.

Menurutnya pada saat itu dirinya sudah menyurati pihak desa melalui kecamatan. “Kemungkinan banyak pedagang yang belum tahu makanya menjual bensin dengan harga lama,” ungkap Yunizar.

Sementara itu Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas Eka Sahputra, juga mengatakan bahwasanya penyesuaian harga sudah dilakukan pada Jumat (1/4) sore. Harga yang ditetapkan yakni Rp13.500. “Rp13.500 itu harga tertinggi,” ungkapnya.(sya/bpos)

Respon Anda?

komentar